fbpx

0
0
0
s2sdefault
IMG 20210618 WA0000
 
Siapa sih yang namain makanan-makanan khas Indonesia ini begini? Bikin salah paham banget!

Kulineran adalah salah satu hobi yang paling digemari masyarakat. Pergi ke suatu daerah dan mencicipi berbagai makanan yang enak, seakan-akan seperti liburan dari makanan yang biasa kita makan setiap hari.

Di Indonesia sendiri, ada banyak daerah yang memiliki menu kuliner yang khas. Contohnya saja seperti seperti sate Padang, pempek Palembang, bakso Malang, dan masih banyak lagi.

Meski demikian, ternyata ada beberapa makanan kuliner khas Indonesia yang punya nama unik. Alih-alih menggunakan nama daerah, makanan Indonesia berikut ini memiliki nama yang jorok!

Emang seperti apa sih nama makanannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. Bikin jadi salah fokus!

1. Nama kue ini adalah kue kontol sapi. Terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula jawa, kue ini rasanya manis banget. Katanya sih bikin nagih!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Kontol Sapi 9a6b7
 

2. Jajanan khas Betawi ini namanya kue tete. Biasanya, sering banget dijual di pinggir jalan. Meskipun namanya bikin salah fokus, tapi sebenarnya rasanya enak banget, loh!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Tete E1741

3. Siapa sangka, kalau makanan yang bentuknya mirip pisang goreng ini dinamai peler kambing. Sebenarnya, ini adalah pempek pisang yang khas dari Palembang.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Peler Kambing 95927

4. Jangan tertipu dengan nama nasi kentut. Walaupun terdengar jorok, sebenarnya nasi memiliki banyak khasiat. Dimasak dengan daun sembukan yang baunya menyengat seperti kentut, nasi ini kemudian disajikan dengan pepes dan ayam gulung.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Nasi Kentut 7ce7e

5. Mie ini dinamai Mie Pentil soalnya teksturnya kenyal seperti karet ban. Kuliner asal Bantul ini dibuat dari tepung tapioka dan biasa disajikan dalam bungkusan daun jati. Wajib coba!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Mie Pentil B1b03
 

6. Bikin ngakak! Kuliner asal Puworejo ini dinamai es dawet jembut kecabut. Meski demikian, es yang berisi parutan cincau dan nangka ini rasanya enak dan menyegarkan.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Es Dawet Jembut Kecebut 925d3

7. Mie lendir khas Kepulauan Riau ini wajib banget dicoba. Dengan kuah kental cokelat dan isi yang melimpah, bisa dipastikan kalau rasanya sedap banget!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Mie Lendir Riau 516d7

8. Kue peler bedebu mirip seperti klepon. Bahan utamanya adalah ubi yang kemudian diisi dengan gula merah, lalu dikukus. Ini merupakan kue favorit masyarakat Kepulauan Seribu, loh.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Peler Bedebu A13f2

9. Kue Memek adalah kuliner khas Aceh yang mirip dengan bubur. Pada dasarnya, kue ini dibuat dari pisang yang ditumbuk, lalu dicampur dengan beras ketan dan santan.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Memek 375bc

10. Ketupat jembut bukanlah kuliner yang asing bagi orang Semarang. Makanan yang sering hadir saat Syawalan ini berisi taoge yang menyeruak keluar.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Ketupat Jembut A5625

Akhir Kata

Itu dia kumpulan nama makanan kuliner khas Indonesia yang namanya bikin salah paham. Meski begitu, rasanya tetap patut diacungi jempol, loh. Kalau kamu, sudah pernah coba yang mana nih?

Ditulis oleh 

Sumber: jalantikus.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

FB IMG 1611482471138

Alpukat, Sering Bikin Kecewa, tapi Selalu Dirindu....

SitindaonNews.Com | ALPUKAT itu buah yang unik dan sekaligus istimewa. Kadang membuat kita berada dalam dilema perasaan “benci tapi rindu”. Kenapa benci? Karena kita berkali-kali dibuat kecewa. Setiap kali beli alpukat, di mana pun, baik di pedagang pinggir jalan, pedagang keliling, hingga supermarket, selalu berujung kekecewaan. Bahkan, yang lebih membuat sakit hati adalah saat beli alpukat di tempat wisata.

Kita digoda oleh tampilan alpukat yang serba menawan. Kulit buah yang glowing, ukuran jumbo, dan narasi promosi sang pedagang yang tak kalah bombastis. Diklaim sebagai alpukat mentega super, dengan rasa paling enak, dan seribu janji manis ala tukang obat jalanan. Sebagai pembeli dan penikmat alpukat, asa kita pun dibuat melambung. Bakal makan alpukat enak nih. Tahunya, setelah tiga hari yang dijanjikan oleh si pedagang alpukat bakal matang, buah masih terasa keras.

Hari keempat diperiksa lagi, masih juga keras. Begitu seterusnya, hari kelima, keenam dan ketujuh, tidak ada tanda-tanda alpukat terasa empuk tanda bahwa alpukat mulai matang, yang ada malah kulit mulai mengeriput. Sebagian malah di ujungnya mulai terlihat warna cokelat, tanda membusuk. Puncaknya adalah pada hari kesepuluh, ketika bagian cokelat di ujung mulai menjalar ke hampir separo bagian buah alpukat, sementara bagian lainnya masih keras. Dan saat itulah kita sudah putus harapan. Alpukat pun kita vonis gagal matang, busuk, dan harus dibuang. Zonk. Kecewalah hati kita. Karena ternyata alpukat yang kita beli masih pentil alias dipetik sebelum saatnya.

Namun, rasa kecewa itu seolah sirna tanpa bekas begitu melihat pedagang alpukat menajajakan dagangannya. Entah di kaki lima, pedagang keliling di kompleks perumahan tempat tinggal, di super market, atau di tempat wisata. Rasa kecewa dan benci yang sempat menempel di hati tiba-tiba berubah jadi rasa rindu dan hasrat yang kuat untuk membeli dan menikmati. Maka kita pun membeli alpukat lagi. Tapi, sekali lagi hasilnya zonk, alias gagal matang dan kita pun kecewa lagi. Berkali-kali, berulang-ulang kita menjalani siklus yang tidak mengenakkan. Tapi, apakah lantas membuat kita atau para penikmat alpukat kapok beli alpukat?

Ternyata tidak. Hasrat para penikmat alpukat untuk mendapatkan alpukat yang baik terus menggebu. Para penikmat alpukat terus berupaya mencari alpukat yang sesuai dengan harapannya, bahkan ketika harga yang harus dibayar dianggap tidak wajar. Bahkan seolah punya tempat tersendiri di hari kita, sehingga sekalipun berkali-kali kita kecewa, kita selalu merindukan alpukat.

Belakangan upaya mencari alpukat sudah seperti perburuan dan petualangan mencari harta karun atau barang berharga. Dan itulah yang terjadi di Meksiko atau Guatemala, dua negara penghasil utama alpukat di dunia, ketika dunia alpukat masuk dalam jaringan kartel yang kejam. Mengapa alpukat begitu istimewa?

Ada fakta yang tak bisa dibantah, trend konsumsi alpukat secara nasional dan global meningkat. Bukan hanya lantaran rasanya yang super lezat, alpukat juga ternyata salah satu super food yang memiliki segudang manfaat. Kandungan gizi dalam buah alpukat sangat lengkap, mulai dari vitamin, lemak sehat, dan unsur-unsur lainnya membuat alpukat menjadi sumber pangan yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. (Muhtar Ibnu Thalab/Mr. Avocado/avocadoindonesia.com/bersambung)***

Cileunyi, Ahad 24 Januari 2021

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1235574636814472&id=10001085841572

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200816 094151Ilustrasi menggoreng telur

SitindaonNews.Com | Telur menjadi salah satu bahan makanan yang ada di hampir semua dapur rumah. Mengingat kandungan telur yang baik bagi tubuh karena sumber protein vitamin A, D, dan B.

Bukan hanya itu saja, harganya yang ekonomis, serta mudah diolah menjadi hidangan apapun membuat telur begitu difavoritkan. Namun pernahkah ibu di rumah mengalami masalah saat mengolah telur?

Salah satu masalah yang sering dialami saat mengolah telur adalah telur yang lengket saat digoreng. Lalu bagaimana cara memasak telur goreng tanpa lengket di wajan? Berikut ini langkahnya, dilansir dari Live Strong, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Langkah 1

Taruh wajan di atas kompor lalu atur api kompor dengan api sedang. Setelah itu panaskan wajan sebelum mulai menggoreng telur.

Ilustrasi telur.

Langkah 2

Lapisi penggorengan dengan sedikit mentega atau margarin agar menambahkan rasa dan mencegah lengket, setelah wajan dipanaskan. Setelah itu, pecahkan telur dengan cara memukulnya dengan lembut di tepi wajan.  Pisahkan cangkang dan biarkan kuning telur dan putih jatuh ke tengah wajan.

Langkah 3

Ubah suhu kompor menjadi rendah lalu masak telur di atas api kecil untuk memastikan teksturnya lebih lunak. Biarkan telur matang sampai putih telur berubah dari bening menjadi putih. Geser spatula di bawah telur dan balikkan.

Telur ayam (ilustrasi)

Langkah 4

Goreng sisi lain telur sampai kuning telur mencapai kematangan yang diinginkan. Telur hanya perlu sekitar satu menit atau lebih untuk memasak di sisi kuning telur. Jika lebih suka kuning telur yang lebih padat masak dua hingga tiga menit di kedua sisi.

Langkah 5

Geser spatula di bawah telur, pindahkan dari penggorengan ke piring. Matikan kompor dan biarkan wajan dingin.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

bokom sebutan masyarakat aceh singkil untuk mi instan yang direndam air panasBokom, sebutan masyarakat Aceh Singkil untuk mi instan yang direndam air panas ditambah irisan cabai rawit, bawang merah dan jeruk nipis. 

Kalau anda berkunjung ke Aceh Singkil, singgahlah di warung-warung kecil yang menyediakan meja dan tempat duduk. Lalu pesanlah bokom!

Maka, Anda akan disodorkan mi instan yang direndam air panas.

Tak lama kemudian disusul piring kecil berisi cabai rawit, bawang merah dan jeruk nipis.

Cara penyajiannya mi instan yang direndam air panas, dicampur irisan cabai rawit, irisan bawang merah dan perasan air jeruk nipis.

Tidak ada penyedap lain selain bumbu yang ada dalam bungkusan mi instan.

Untuk menambah kenyang paling disantap dengan telur rebus yang bisanya telah disediakan tukang warung serta taburan bawang goreng.

Itulah makanan yang disebut bokom.

Tak diketahui siapa yang pertama kali menyebut bokom.

Bisa jadi disebut bokom, karena cara penyajiannya yang berbeda atau tempat menghidangkannya dalam mangkuk. 

Sebab kalau mi instan yang dimasak di wajan tak disebut bokom.

Bokom sendiri telah menjadi makanan melegenda bagi masyarakat Aceh Singkil dan Kota Subulussalam. Subulussalam dahulunya merupakan bagian dari Aceh Singkil.

Kisah bokom mulai diketahui ketika transportasi di Aceh Singkil, masih menggunakan jalur sungai.

Di lampung (warung terapung di pinggir sungai) tempat penumpang perahu singgah, menu bokom merupakan kuliner utama.

"Dulu transportasi masih lewat sungai, saat singgah di lampung biasanya makan bokom," kata Mawardi penduduk Aceh Singkil, bermarga Kombih, Minggu (6/9/2020).

Ia mengaku tidak tahu persis kapan istilah bokom pertama kali muncul.

Saat musim kayu. Istilah warga setempat menyebut medio 2000-an ke bawah ketika kayu masih bebas ditebang, bokom menjadi makanan populer.

Maklum kala itu sungai sebagai jalur transportasi utama sangat sibuk oleh hilir mudik kayu-kayu gelondong.

Para pekerja kayu menjadikan bokom sebagai santapan sehari-hari.

Seiring peralihan sejarah zaman, transportasi dari sungai sudah berpindah ke jalan aspal.

Bokom tetap laris manis sebagai makanan pengantar sejarah yang tak lekang gerusan zaman.

Saking populernya hampir semua penduduk Aceh Singkil, tahu membuat bokom.

Minggu sore ini, langit Aceh Singkil, ditutup mendung. Serambinews.com, mencoba menikmati sajian bokom.

Kuah mie yang dicampur bawang merah serta air jeruk nipis memberikan rasa berbeda dari mi instan umumnya.

Sumber: tribunnews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200803 161111Foto: youtube awirach

SitindaonNews.Com | Penjual es dawet ireng yang satu ini punya daya tarik unik. Parasnya yang cantik dan semok bikin dagangannya laris manis. Awas gagal fokus!

Kalau berkunjung ke Purworejo, kurang lengkap rasanya kalau tak menikmati es dawet ireng. Ya, minuman dingin ini cukup populer dan banyak diburu masyarakat.

Sesuai dengan namanya, es dawet ireng ini berbeda dengan dawet biasa yang warnanya hijau. Dawet ireng punya warna hitam eksotis karena diberi campuran tepung oman alias tepung dari batang padi yang dibakar dan diambil sarinya

Nah, kalau mencari es dawet ireng yang enak sekaligus fenomenal, kamu bisa datang ke Jalan Nasional, Purworejo. Di sini ada penjual es dawet ireng yang cantik dan semok. Eits, racikan es dawetnya juga enak.

 
penjual es dawet ireng cantikpenjual es dawet ireng cantik Foto: youtube awirachma
 

Lewat channel youtube Awwirachma, youtuber ini sengaja datang untuk jajan es dawet ireng dari penjual cantik dan seksi. Penjual dawet ireng bernama Melani ini ternyata memang punya paras ayu.

Saat ditanya, ternyata Melani berjualan es dawet ireng karena melanjutkan usaha orang tuanya. Setiap hari Melani siap meracik es dawet ireng pesanan pembeli. Kedainya sederhana, tapi pembelinya tak henti silih berganti.

Melani yang kini berusia 19 tahun mengaku sudah lama berjualan es dawet ireng racikan orang tuanya. Ia berjualan mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Penampilan yang cantik dan seksi bikin Melani kerap menyita perhatian para pembelinya.

Semangkuk es dawet ireng terdiri dari campuran dawet ireng, santan, gula merah cair dan es batu. "Perpaduan antara santan dan gula aren ini enak guys, manis gurih tapi nggak berlebihan. Manisnya sudah dari Mba Melani," ujar Awirahma.

penjual es dawet ireng cantikpenjual es dawet ireng cantik Foto: youtube awirachma

Dalam sehari, Melani mengaku bisa menghabiskan hingga 3 stoples dawet ireng yang bisa diracik jadi 150 porsi. Tak tanggung-tanggung omzet perhari es dawet ireng ini bisa mencapai Rp 2 juta.

Di sepanjang jalan Nasional ini ada sekitar 7 penjual es dawet ireng, semuanya memasang nama Es Dawet Ireng Melani karena memang merupakan milik orangtua Melani. Tapi kalau kamu ingin dilayani langsung dengan Melani maka cobalah datang ke gerai yang lokasinya ada di paling ujung jalan.

Paras cantik Melani si penjual es dawet semok ini pun menarik ribuan komentar netizen. Banyak yang memuji kegigihan Melani karena tak gengsi berjualan es dawet ireng di pinggir jalan.

penjual es dawet ireng cantikpenjual es dawet ireng cantik Foto: youtube awirachma

"Cewe sebersih itu dan secantik itu... dia masih mau jualan dawet.. salute gw," ujar netizen.

"10% menikmati es dawetnya. 90% penasaran sama orangnya. Iya sih emang cakeeep," puji netizen.

"Untung jualannya mangkal, kalo keliling kampung bahaya. Dia bisa abis sama emak-emak karena suaminya jajan daweeet terus tiap hari," beber netizen lain.

"Ini yang beli pasti banyak lelaki yang modus. Beli dawet satu, nongkrongnya 3 jam," pungkas netizen.

Penjual makanan cantik memang banyak dan jadi daya tarik tersendiri. Sebelumnya ada penjual bebek goreng di Surabaya yang punya paras cantik, ada juga penjual es kelapa semok dan seksi yang setiap hari diantre pembeli.

Sumber: .detik.com

0
0
0
s2sdefault