fbpx

0
0
0
s2sdefault

mengapa babi diciptakan tapi diharamkan

Allah SWT tidak hanya mengharamkan daging babi, tetapi segala bagian yang dihasilkan dari babi. Lantas mengapa Allah SWT menciptakan babi sementara hewan itu diharamkan?
Sesuatu yang diharamkan oleh Allah SWT untuk hambanya pasti ada mudaratnya. Atau bahkan mudaratnya lebih besar dibandingkan manfaatnya, seperti hewan babi misalnya.

Larangan Allah SWT tentang mengonsumsi babi jelas tercatat dalam Al-Qur'an di beberapa surah di dalamnya. Salah satunya surah Al-Maidah ayat 3 yang artinya:

"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala," (QS: Al-Maidah:3).

Bukan hanya daging dari babi saja yang diharamkan, tetapi segala bagian yang dihasilkan dari hewan tersebut. Seperti kulit, minyak, tulang, darah dan lainnya. Lalu mengapa Allah SWT menciptakan babi tetapi diharamkan?

Dilansir dari Bincang Syariah (03/05/18), seyogyanya manusia tidak harus mengetahui hikmah yang terkandung dari apa yang dilakukan oleh Allah SWT. Kewajiban manusia hanyalah beriman kepada Allah SWT.

Sebab, Allah SWT yang mengetahui apa yang terbaik untuk ciptaannya. Jadi, cukuplah percaya jika ada suatu larangan dari Allah SWT, maka itu pasti mengandung mudarat atau bahaya bagi hambanya.

"Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai," (QS Al-Anbiya:23).

Namun, tujuan Allah SWT menciptakan babi bisa jadi sebagai bahan ujian untuk manusia. Jika, seseorang mampu menghindari mengonsumsi daging babi, maka ia lulus dalam ujian yang diberikan Allah SWT.

Seperti yang dijelaskan pula oleh Ustaz Abdul Somad. Dalam dakwahnya, beliau mengumpamakan ujian dari Allah SWT seperti pertanyaan ujian pilihan ganda yang diberikan di sekolah.

"Kenapa dari empat pilihan itu, yang tidak tidak betul kenapa yang satu betul?. Apakah guru itu bodoh? Tidak. Kenapa dibuatnya satu betul, tiga tidak betul? itu sebagai ujian," jelas Ustaz Abdul Somad.

Lebih lanjut, Ustaz Abdul Somat mengatakan bahwa hal itu sama seperti pilihan anjing, babi dan kambing. Sebagai umat muslim, pasti memilih kambing untuk dikonsumsi.

Mengutip dari Bintang Syariah, diciptakannya babi itu dapat memberikan suatu pelajaran yang bisa dipetik, yaitu agar tidak menjadi seperti babi. Hewan babi dicirikan dengan hidupnya yang malas dan rakus.

Selain itu, babi juga merupakan hewan yang jorok karena babi memakan kotorannya sendiri. Bahkan makanan yang dimakan babi pun terkadan dikencingi oleh babi itu sendiri.

Rakusnya babi dapat dilihat dari sikapnya yang sering memuntahkan makanannya dari perutnya, lalu itu dimakan lagi. Dengan adanya babi, bisa mengingatkan manusia untuk tidak malas, hidup lebih bersih dan tidak rakus.

Sebagaimana Allah SWT pernah menggunakan babi sebagai perumpamaan kaum terdahulu yang dikutuk karena buruk perbuatannya. Hal itu dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Maidah ayat 60:

"Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu di sisi Allah, Yaitu orang-orang yang dikutuk dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?". mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus," (QA Al-Maidah:60)

Sumber: food.detik.com

 

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1240836926Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuttana Srimongkol

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 SitindaonNews.Com | Tidak hanya kulit dan dagingnya saja, ternyata ada bagian-bagian lain dari babi yang bisa diolah menjadi makanan lezat. Mulai dari darah hingga jeroan, semuanya bisa disantap nikmat.

Hampir seluruh bagian tubuh dari babi ternyata bisa dikonsumsi dan diolah menjadi makanan yang lezat. 

Selama ini bagian yang paling terkenal adalah daging dan kulitnya saja.

Terutama pada babi guling, biasanya orang-orang mengenal bagian kulitnya untuk tes kriuk atau tes kerenyahan yang suaranya terdengar begitu menakjubkan.

Ternyata bagi para konsumennya, masih banyak bagian dari hewan babi yang bisa diolah menjadi masakan yang lezat.

Walaupun terdengar cukup ekstrem tetapi tidak sedikit para konsumen babi yang menggemari bagian-bagian ini. Ada darah, hidung hingga jeroan atau organ dalam babi.

Berikut ini 5 bagian tubuh babi yang biasa diolah menjadi makanan ekstrem dan nikmat:

1240836926 2Tak dibuang begitu saja, darah babi ternyata bisa disulap jadi makanan enak. Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuttana Srimongkol

1. Darah babi

Menjadi bagian yang paling ekstrem, ternyata setelah dipotong darah babi juga bisa diolah. Banyak sekali hidangan makanan yang menggunakan darah babi sebagai bahan utamanya.

Salah satunya lawar khas Bali yang menggunakan darah babi segar, bahkan tanpa dimasak. Di banyak negara lain di dunia, darah babi juga dianggap sebagai makanan yang lezat.

Beberapa hidangan juga menggunakan darah babi yang digumpalkan kemudian direbus dan dicampurkan sebagai topping pada beberapa makanan. Salah satu hidangan yang menggunakan darah babi jenis ini misalnya bakso babi yang banyak dijual di Indonesia.

2. Hidung babi

Hidung babi menjadi salah satu hidangan yang cukup populer. Bentuknya yang masih berupa hidung utuh kerap membuat yang melihatnya merasa jijik.

Tetapi bagi penikmatnya, hidung babi yang kenyal dan sedikit keras ini justru menjadi makanan yang lezat untuk disantap. Hanya perlu direbus dan disiram berbagai saus pilihan, hidung babi banyak dibilang tidak begitu sulit diolah.

Bahkan beberapa YouTuber luar negeri seringkali melakukan mukbang atau makan banyak dengan menyantap hidung babi. Menggunakan saus yang pedas dan jumlah yang memenuhi wadah lebar, mereka menghabiskannya dengan lahap.

3. Kepala utuh

Terlihat menyeramkan, pernahkah kamu membayangkan untuk menyantap seekor kepala babi utuh di atas wadah? Beberapa orang yang nekat dan penggemar babi merasa tidak masalah menyantap kepala babi utuh

Berukuran begitu besar ada beberapa orang yang mempercayai bahwa menyajikan kepala babi utuh ini dianggap sebagai sajian yang istimewa. Benar-benar tidak dipotong menjadi bagian-bagian kecil, kepala babi utuh yang sudah dilepas dari tubuhnya ini bisa langsung dimasak dan diolah menjadi makanan lezat

Mulai dari kepala babi panggang, kepala babi yang direbus dengan siraman saus, atau bahkan hanya dibelah dan disajikan dengan bentuk yang lebar. Di beberapa negara, kepala babi ini juga menjadi hidangan tradisional yang sering digunakan oleh beberapa konten kreator untuk menunjukkan proses memasaknya.

4. Lidah

1240836926 1Hampir mirip lidah sapi, lidah babi juga bisa diolah menjadi beragam jenis hidangan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Yuttana Srimongkol

Hampir mirip seperti lidah sapi, lidah babi juga bisa diolah menjadi banyak jenis hidangan lezat. Sebelum dicampurkan bumbu, biasanya lidah babi akan direbus dengan banyak garam untuk menghilangkan bau amisnya.

Berbagai macam saus termasuk saus khas Chinese menjadi pelengkap yang dianggap paling cocok untuk mengolah lidah babi. Charsiu, lidah goreng, hingga lidah babi yang dimasak dengan kecap begitu digemari oleh konsumennya.

Lidah babi juga bisa dimasak sebagai oseng-oseng atau bahkan dicampurkan dalam sup berkuah hangat yang nyaman saat dimakan. Salah satu hidangan yang paling terkenal adalah sup merah yang menggunakan irisan daging babi di dalamnya.

5. Jeroan

Layaknya jeroan atau organ dalam pada hewan lainnya, berbagai organ babi juga biasa diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai dari hati, ginjal, usus bahkan hingga bagian otaknya.

Di beberapa restoran Chinese yang cukup besar, bahkan menu otak babi bisa dipesan. Salah satunya di restoran hotpot yang menyajikan otak babi segar untuk bisa langsung direbus dan dinikmati oleh pelanggannya.

Selain itu bagian yang paling populer adalah usus babi yang banyak digunakan sebagai sosis babi. Dicampur dengan cincangan daging dan darah sosis babi biasa dikeringkan dan digoreng garing untuk disantap bersama nasi panas dan lauk lainnya.  [DETIK Food]

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault
IMG 20210618 WA0000
 
Siapa sih yang namain makanan-makanan khas Indonesia ini begini? Bikin salah paham banget!

Kulineran adalah salah satu hobi yang paling digemari masyarakat. Pergi ke suatu daerah dan mencicipi berbagai makanan yang enak, seakan-akan seperti liburan dari makanan yang biasa kita makan setiap hari.

Di Indonesia sendiri, ada banyak daerah yang memiliki menu kuliner yang khas. Contohnya saja seperti seperti sate Padang, pempek Palembang, bakso Malang, dan masih banyak lagi.

Meski demikian, ternyata ada beberapa makanan kuliner khas Indonesia yang punya nama unik. Alih-alih menggunakan nama daerah, makanan Indonesia berikut ini memiliki nama yang jorok!

Emang seperti apa sih nama makanannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. Bikin jadi salah fokus!

1. Nama kue ini adalah kue kontol sapi. Terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula jawa, kue ini rasanya manis banget. Katanya sih bikin nagih!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Kontol Sapi 9a6b7
 

2. Jajanan khas Betawi ini namanya kue tete. Biasanya, sering banget dijual di pinggir jalan. Meskipun namanya bikin salah fokus, tapi sebenarnya rasanya enak banget, loh!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Tete E1741

3. Siapa sangka, kalau makanan yang bentuknya mirip pisang goreng ini dinamai peler kambing. Sebenarnya, ini adalah pempek pisang yang khas dari Palembang.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Peler Kambing 95927

4. Jangan tertipu dengan nama nasi kentut. Walaupun terdengar jorok, sebenarnya nasi memiliki banyak khasiat. Dimasak dengan daun sembukan yang baunya menyengat seperti kentut, nasi ini kemudian disajikan dengan pepes dan ayam gulung.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Nasi Kentut 7ce7e

5. Mie ini dinamai Mie Pentil soalnya teksturnya kenyal seperti karet ban. Kuliner asal Bantul ini dibuat dari tepung tapioka dan biasa disajikan dalam bungkusan daun jati. Wajib coba!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Mie Pentil B1b03
 

6. Bikin ngakak! Kuliner asal Puworejo ini dinamai es dawet jembut kecabut. Meski demikian, es yang berisi parutan cincau dan nangka ini rasanya enak dan menyegarkan.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Es Dawet Jembut Kecebut 925d3

7. Mie lendir khas Kepulauan Riau ini wajib banget dicoba. Dengan kuah kental cokelat dan isi yang melimpah, bisa dipastikan kalau rasanya sedap banget!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Mie Lendir Riau 516d7

8. Kue peler bedebu mirip seperti klepon. Bahan utamanya adalah ubi yang kemudian diisi dengan gula merah, lalu dikukus. Ini merupakan kue favorit masyarakat Kepulauan Seribu, loh.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Peler Bedebu A13f2

9. Kue Memek adalah kuliner khas Aceh yang mirip dengan bubur. Pada dasarnya, kue ini dibuat dari pisang yang ditumbuk, lalu dicampur dengan beras ketan dan santan.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Memek 375bc

10. Ketupat jembut bukanlah kuliner yang asing bagi orang Semarang. Makanan yang sering hadir saat Syawalan ini berisi taoge yang menyeruak keluar.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Ketupat Jembut A5625

Akhir Kata

Itu dia kumpulan nama makanan kuliner khas Indonesia yang namanya bikin salah paham. Meski begitu, rasanya tetap patut diacungi jempol, loh. Kalau kamu, sudah pernah coba yang mana nih?

Ditulis oleh 

Sumber: jalantikus.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

c8d135f974326892909e34d4c5ba8522c9f71b4d8e43b76611ed8f954dcb37e7.0

SitindaonNews.Com, || Ada banyak menu masakan lezat yang bisa dibuat dengan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Kalau kamu terlalu banyak membeli ikan di pasar dan supermarket, kamu bisa menyimpannya untuk diolah di lain waktu.

Namun, kamu perlu mengetahui cara tepat menyimpan ikan agar tetap segar tahan lama.

Melansir dari buku “50 Resep Kreasi Pepes” (2020) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada cara menyimpan ikan segar tahan lama yang bisa kamu ikuti.

1. Simpan ikan segar dalam wadah tersendiri
Ada cara menyimpan ikan segar di kulkas yaitu simpan dalam wadah tersendidi. Hal ini agar makanan lain di dalam lemari es tidak terkontaminasi.

Ikan segar memiliki bau amis yang cukup tajam dan bisa memengaruhi bau makanan lainnya.

2. Simpan ikan segar dalam bongkahan es
Kalau kamu akan memasak ikan dalam waktu singkat. Sebaiknya, simpan ikan dalam kotak atau wadah yang berisi bongkahan es batu.

Kamu juga bisa menggunakan wadah yang ditutup dengan lain basah bersih agar ikan tetap segar.

3. Atur suhu ruangan penyimpanan ikan segar
Cara tepat menyimpan ikan segar selanjutnya adalah atur suhu ruang penyimpanan ikan berada di atas titik beku sekitar satu sampai tiga derajat celsius.

4. Cairkan ikan beku di suhu ruangan
Kalau kamu menyimpan ikan di freezer hingga beku, sebaiknya cairkan ikan di suhu ruang sampai mencair.

Hal ini agar bumbu bisa meresap ke dalam ikan pada saat proses memasak.

5. Buang isi perut ikan segar
Melansir dari artikel Kompas.com yang tayang pada Minggu (07/06/2020), Chef Suwanta, Executive Chef Four Points by Sheraton Makassar menyarankan untuk membersihkan ikan terlebih dahulu sampai bersih sebelum disimpan.

“Bersihkan ikan termasuk insang dan isi perut serta sisik ikan. Cuci ikan yang telah bersih dan tiriskan,” jelas Suwanta.

6. Bungkus ikan segar dengan plastic wrap
Selain wadah kedap udara, kamu juga bisa menggunakan plastic wrap sebagai pembungkus ikan segar yang sudah dibersihkan isi perutnya.

Simpan ikan segar dalam chiller atau freezer agar kesegarannya tahan lama

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

FB IMG 1611482471138

Alpukat, Sering Bikin Kecewa, tapi Selalu Dirindu....

SitindaonNews.Com | ALPUKAT itu buah yang unik dan sekaligus istimewa. Kadang membuat kita berada dalam dilema perasaan “benci tapi rindu”. Kenapa benci? Karena kita berkali-kali dibuat kecewa. Setiap kali beli alpukat, di mana pun, baik di pedagang pinggir jalan, pedagang keliling, hingga supermarket, selalu berujung kekecewaan. Bahkan, yang lebih membuat sakit hati adalah saat beli alpukat di tempat wisata.

Kita digoda oleh tampilan alpukat yang serba menawan. Kulit buah yang glowing, ukuran jumbo, dan narasi promosi sang pedagang yang tak kalah bombastis. Diklaim sebagai alpukat mentega super, dengan rasa paling enak, dan seribu janji manis ala tukang obat jalanan. Sebagai pembeli dan penikmat alpukat, asa kita pun dibuat melambung. Bakal makan alpukat enak nih. Tahunya, setelah tiga hari yang dijanjikan oleh si pedagang alpukat bakal matang, buah masih terasa keras.

Hari keempat diperiksa lagi, masih juga keras. Begitu seterusnya, hari kelima, keenam dan ketujuh, tidak ada tanda-tanda alpukat terasa empuk tanda bahwa alpukat mulai matang, yang ada malah kulit mulai mengeriput. Sebagian malah di ujungnya mulai terlihat warna cokelat, tanda membusuk. Puncaknya adalah pada hari kesepuluh, ketika bagian cokelat di ujung mulai menjalar ke hampir separo bagian buah alpukat, sementara bagian lainnya masih keras. Dan saat itulah kita sudah putus harapan. Alpukat pun kita vonis gagal matang, busuk, dan harus dibuang. Zonk. Kecewalah hati kita. Karena ternyata alpukat yang kita beli masih pentil alias dipetik sebelum saatnya.

Namun, rasa kecewa itu seolah sirna tanpa bekas begitu melihat pedagang alpukat menajajakan dagangannya. Entah di kaki lima, pedagang keliling di kompleks perumahan tempat tinggal, di super market, atau di tempat wisata. Rasa kecewa dan benci yang sempat menempel di hati tiba-tiba berubah jadi rasa rindu dan hasrat yang kuat untuk membeli dan menikmati. Maka kita pun membeli alpukat lagi. Tapi, sekali lagi hasilnya zonk, alias gagal matang dan kita pun kecewa lagi. Berkali-kali, berulang-ulang kita menjalani siklus yang tidak mengenakkan. Tapi, apakah lantas membuat kita atau para penikmat alpukat kapok beli alpukat?

Ternyata tidak. Hasrat para penikmat alpukat untuk mendapatkan alpukat yang baik terus menggebu. Para penikmat alpukat terus berupaya mencari alpukat yang sesuai dengan harapannya, bahkan ketika harga yang harus dibayar dianggap tidak wajar. Bahkan seolah punya tempat tersendiri di hari kita, sehingga sekalipun berkali-kali kita kecewa, kita selalu merindukan alpukat.

Belakangan upaya mencari alpukat sudah seperti perburuan dan petualangan mencari harta karun atau barang berharga. Dan itulah yang terjadi di Meksiko atau Guatemala, dua negara penghasil utama alpukat di dunia, ketika dunia alpukat masuk dalam jaringan kartel yang kejam. Mengapa alpukat begitu istimewa?

Ada fakta yang tak bisa dibantah, trend konsumsi alpukat secara nasional dan global meningkat. Bukan hanya lantaran rasanya yang super lezat, alpukat juga ternyata salah satu super food yang memiliki segudang manfaat. Kandungan gizi dalam buah alpukat sangat lengkap, mulai dari vitamin, lemak sehat, dan unsur-unsur lainnya membuat alpukat menjadi sumber pangan yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. (Muhtar Ibnu Thalab/Mr. Avocado/avocadoindonesia.com/bersambung)***

Cileunyi, Ahad 24 Januari 2021

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1235574636814472&id=10001085841572

0
0
0
s2sdefault