fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200816 094151Ilustrasi menggoreng telur

SitindaonNews.Com | Telur menjadi salah satu bahan makanan yang ada di hampir semua dapur rumah. Mengingat kandungan telur yang baik bagi tubuh karena sumber protein vitamin A, D, dan B.

Bukan hanya itu saja, harganya yang ekonomis, serta mudah diolah menjadi hidangan apapun membuat telur begitu difavoritkan. Namun pernahkah ibu di rumah mengalami masalah saat mengolah telur?

Salah satu masalah yang sering dialami saat mengolah telur adalah telur yang lengket saat digoreng. Lalu bagaimana cara memasak telur goreng tanpa lengket di wajan? Berikut ini langkahnya, dilansir dari Live Strong, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Langkah 1

Taruh wajan di atas kompor lalu atur api kompor dengan api sedang. Setelah itu panaskan wajan sebelum mulai menggoreng telur.

Ilustrasi telur.

Langkah 2

Lapisi penggorengan dengan sedikit mentega atau margarin agar menambahkan rasa dan mencegah lengket, setelah wajan dipanaskan. Setelah itu, pecahkan telur dengan cara memukulnya dengan lembut di tepi wajan.  Pisahkan cangkang dan biarkan kuning telur dan putih jatuh ke tengah wajan.

Langkah 3

Ubah suhu kompor menjadi rendah lalu masak telur di atas api kecil untuk memastikan teksturnya lebih lunak. Biarkan telur matang sampai putih telur berubah dari bening menjadi putih. Geser spatula di bawah telur dan balikkan.

Telur ayam (ilustrasi)

Langkah 4

Goreng sisi lain telur sampai kuning telur mencapai kematangan yang diinginkan. Telur hanya perlu sekitar satu menit atau lebih untuk memasak di sisi kuning telur. Jika lebih suka kuning telur yang lebih padat masak dua hingga tiga menit di kedua sisi.

Langkah 5

Geser spatula di bawah telur, pindahkan dari penggorengan ke piring. Matikan kompor dan biarkan wajan dingin.


0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh