fbpx

0
0
0
s2sdefault

1c186448 6ea2 4465 ba33 eb92b1ee866a

SitindaonNews.Com | Asam Lambung atau gastritis merupakan masalah pencernaan yang paling umum dialami orang dewasa. Kenali 15 makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung.

Asam lambung yang tinggi akan menyebabkan berbagai keluhan. Mulai dari perut kembung yang membuat tidak nyaman hingga sensasi seperti terbakar pada jantung yang cukup menyakitkan.

Naiknya asam lambung sebagian besar disebabkan karena konsumsi bahan makanan yang dapat memicu kenaikannya. Makanan yang dengan mudah memicu naiknya asam lambung mayoritas merupakan jenis makanan asam dan atau pedas.

Berikut ini 15 makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung, seperti dikutip dari The Daily Meal (10/11):

1. Daging Merah

Daging merah tergolong bahan makanan tinggi lemak. Daging sapi, domba dan babi masuk ke dalam jenis daging merah. Ketiganya bahkan memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dari jenis daging lain.

Daging merah bisa saja tetap dikonsumsi, namun pembatasan pada porsi yang tepat perlu dilakukan agar tidak memicu naiknya asam lambung.

2. Keju

Beberapa produk olahan susu mengandung lemak yang cukup tinggi. Misalnya keju, susu, sour cream dan masih banyak lagi.

Produk olahan susu cukup berisiko membuat asam lambung naik. Bahkan bagi mereka yang sangat rentan terhadap refluks asam tidak seharusnya memilih es krim sebagai dessert.

3. Mentega

 
mentegaFoto: iStock

Alasan lemak harus dihindari adalah karena lemak akan lama dicerna tubuh dan bertahan lebih lama di dalam perut. Adanya makanan yang tertinggal seperti ini akan menghasilkan asam lambung lebih banyak lagi.

Mentega menjadi salah satu produk olahan susu yang juga tinggi kandungan lemak. Karenanya lebih baik membatasi penggunaan mentega atau menggantinya dengan minyak yang lebih sehat.

4. Kopi atau Teh

Kopi dan teh mengandung cukup banyak kafein. Konsumsinya yang berlebih juga bisa memicu kenaikan asam lambung

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengganti kopi atau teh dengan minuman lain atau mengganti kopi menjadi kopi decaf (rendah kafein).

5. Minuman Bersoda

minuman soda kena virus coronaFoto: iStock

Makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah soda. Sama seperti kopi dan teh, minuman bersoda juga mengandung kafein yang dapat memicu asam lambung. Gelembung pada minuman bersoda bahkan dapat menciptakan rasa sakit yang lebih parah.

6. Buah-buahan Asam

Beberapa orang percaya menambahkan irisan buah dalam air, yang biasa disebut infused water, akan bisa membantu orang minum air lebih banyak. Namun pilihan buah yang salah dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Buah yang biasanya dipilih untuk ditambahkan pada infused water adalah lemon, jeruk nipis, dan buah-buahan segar yang cenderung asam. Pemilihan buah dengan kandungan asam seperti ini bisa memicu naiknya asam lambung.

7. Tomat

Tomat untuk skincare alamiFoto: Getty Images/iStockphoto/silvae

Tanpa disadari, tomat ternyata memiliki kandungan asam yang cukup tinggi layaknya lemon. Bagi mereka yang rentan terhadap asam, tomat akan dapat memicu naiknya asam lambung.

Selain tomat segar berbagai olahan tomat juga seharusnya dikurangi atau bahkan dihindari. Olahan tomat tersebut termasuk marinara, saus, dan salsa.

8. Bawang Putih

Bawang putih menjadi bumbu dapur utama di seluruh dunia. Bawang putih juga dipercaya baik untuk kesehatan jantung.

Nyatanya rasa bawang putih yang kuat dapat menyebabkan mulas. Jika terlalu banyak dikonsumsi, bawang putih juga akan berdampak pada naiknya asam lambung.

9. Bawang Bombai

Manfaat Sehat Bawang BombaiFoto: iStock

Bawang bombai juga tergolong makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung. Serupa dengan bawang putih, bawang bombai juga masuk dalam bahan makanan yang mengandung asam. Terutama bawang bombai mentah.

Penggunaan bawang bombai pada masakan bisa disiasati dengan mengganti bahan. Hal ini bertujuan untuk menghindari konsumsi bawang bombai berlebihan.

10. Merica

Merica ditemukan hampir di setiap dapur. Sama halnya dengan bawang putih, bawang bombai dan berbagai bahan pokok masakan lainnya. Ternyata rasa merica yang cenderung pedas tidak baik untuk lambung. Merica juga dapat memicu naiknya kadar asam lambung yang menyebabkan beberapa keluhan pada perut.

11. Makanan Pedas

Makanan pedas mengandung capsaicin. Selain lemak, capsaicin juga termasuk senyawa yang lama dicerna oleh tubuh.

Capsaicin ini akan memicu naiknya kadar asam lambung dengan cepat. Bahkan capsaicin bisa mengiritasi atau secara langsung menyebabkan inflamasi pada tenggorokan.

12. Coklat

Chocolate background. Many pieces of chocolate, candies, cookies, biscuits, cakes and other sweets. Milk chocolate and dark chocolate. coconut candyFoto: iStock

Coklat adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi setiap hari karena banyak manfaat sehatnya. Namun, jika kamu rentan dengan refluks asam harus sangat membatasi konsumsi coklat.

Coklat mengandung banyak lemak dan kafein. Dua kandungan ini merupakan pemicu asam lambung paling utama.

13. Keripik Kentang

Makanan tinggi garam tidak hanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi juga dapat memicu refluks asam. Camilan asin seperti keripik kentang dan pretzel harus dihindari.

14. Makanan yang Digoreng

Kentang goreng, tots, atau onion ring adalah beberapa makanan cepat saji yang paling digemari. Namun, ternyata makanan yang digoreng adalah salah satu penyebab terbesar pemicu asam lambung.

Menurut University of Pittsburgh Medical Center, orang yang rentan mulas atau refluks asam harus menghindari makanan yang digoreng dan membatasi konsumsi lemak dan minyak mereka tak lebih dari tiga porsi per hari.

15. Alkohol

-Foto: Istimewa

Alkohol menjadi makanan yang dilarang untuk penderita asam lambungselanjutnya. Alkohol tidak hanya mengendorkan katup sfingter pada tenggorokan, tetapi juga merangsang produksi asam di perut.

Sumber: detik.com/


0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh