fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20191014 WA0014Foto Keluarga Op. Jason Samuel Merah Putih Sitindaon, mulai dari kiri: Bona Hasudungan Sitindaon,  Saur Sitindaon, Norma Br. Sitindaon, Ros Br. Sitindaon dan Adler Sitindaon. Dok. Sitindaon News. 

SitindaonNews.Com | Jika dalam Buku Tarombo Marga Sitindaon sebelumnya menceritakan sejarah Marga Sitindaon bermula dari Kerajaan Sriwijaya selanjutnya sampai Si Raja Batak hingga sampai ke Si Raja Oloan dan keturunannya Naibaho sebagai garis keturunan langsung dari Marga Sitindaon dan dilanjutkan langsung sampai keturunan Pangambittua.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Tunggar Nageduk Sitindaon mempunyai anak laki² 3 orang yaitu:
1. Passalaut
2. Pangahuraja
3. Pangambittua.

Passalaut sebagai anak pertama mendiami atau tinggal di Sibual-bual.

Sedangkan anak kedua Pangahuraja dikabarkan merantau ke Siborong-borong sampai ke Barus hingga ke Dairi Pakpak Bharat

Anak ketiga atau yang paling bungsu Pangambittua dikabarkan merantau dan tinggal di Lontung, dan menurut cerita karena peperangan dengan marga lain, Pangambittua atau Raja Mangambit lari meninggalkan Lontung hingga ke Tomok dan sampai ke Sipassa, Parbaba dan ada juga yang berenang menyeberangi Danau Toba hingga ke Sibisa, Sirungkungon, Sigapiton dan Porsea.

Kembali ke Sejarah Marga Sitindaon, khususnya Tarombo Marga Sitindaon dari keturunan anak pertama yaitu Passalaut, menurut catatan dan sumber yang kami peroleh sudah sampai pada generasi ke-20.

Tarombo atau silsilahnya mulai dari Si Raja Batak hingga Sitindaon sampai keturunan Passalaut turun ke Op. Pagarsimbolon selanjutnya berkembang sampai Pomparan Op. Jason Samuel Merah Putih Sitindaon digambarkan berikut:

IMG 20200510 105032

IMG 20200510 123409

Sumber: Saur Sitindaon (Op. Jason Samuel Merah Putih Sitindaon)


0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh