fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20201111 175451

SitindaonNews.Com | Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit asam urat dalam tubuh, ada cara simpel yang bisa anda lakukan di rumah. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Asam urat merupakan sebuah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Umumnya, penyakit asam urat terjadi pada orang yang sudah dewasa dan berusia antara 40 hingga 50 tahun.

Akan tetapi, orang yang usianya baru menginjak usia 20-an juga bisa mengalami asam urat jika gaya hidupnya kurang sehat.

Meskipun asam urat termasuk dalam penyakit kronis, tapi penyakit ini masih bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh lagi.

Berikut tips untuk mencegah asam urat sebagaimana Ringtimesbanyuwangi.com rangkum dalam berbagai sumber.

1. Membatasi makanan yang mengandung kadar purin tinggi

Salah satu penyebab asam urat adalah kadar purin yang berlebih dalam tubuh. Maka hindari makanan yang kaya purin seperti daging sapi, kambing, ayam, kerang, lobster, bayam, kacang-kacangan dan jamur.

Konsumsilah makanan yang rendah purin atau kadar purinnya sedikit seperti telur, roti, buah-buahan, cokelat, sereal, dan masih banyak lagi.

2. Perbanyak minum air.

Selain minum air putih, minuman yang juga disarankan adalah minuman yang mengandung mineral.

Kamu dapat minum delapan hingga 12 gelas sehari. Selain itu, kamu wajib mengurangi konsumsi air alkali dan jangan minum air berbaking soda, karena dua jenis minuman ini mengandung banyak garam yang berbahaya bagi pengidap asam urat.

3. Sering konsumsi Ceri, seledri, dan stroberi

Komponen yang efektif memerangi asam urat diyakini ada pada 3 jenis makanan ini. Ketiganya mengandung antioksidan lengkap dan senyawa lain seperti asam fenolik dan quercetin khususnya dalam seledri yang melindungi persendian dari peradangan. Selain itu, biji seledri memiliki potensi untuk mengurangi penumpukan asam urat.

4. Berhentilah untuk konsumsi alkohol

Minuman alkohol dan makanan tinggi gula lainnya bisa menyebabkan asam urat. Maka sangat penting untuk menghindari dua hal ini agar tidak kambuh lagi.

Sebaiknya konsumsi air putih serta buah-buahan yang segar tanpa mengandung tambahan gula.

Baca Juga: 9 Makanan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Asam Urat Kambuh

5. Olahraga rutin

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap aktif adalah dengan olahraga yang dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, berat badan juga lebih ideal sehingga risiko terkena encok di kemudian hari juga bisa menurun. Pilih olahraga yang sesuai dengan kondisi dan buat jadwal olahraga supaya kamu tetap disiplin.***

Sumber:ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com


0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh