fbpx

0
0
0
s2sdefault

1593562456765

SitindaonNews.Com | Lesunya kondisi ekonomi akibat pandemi COVID-19 nasional yang menyebabkan maraknya pemutusan hubungan kerja kerap dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk mencari keuntungan pribadi, salah satunya dengan menyebar hoaks iklan lowongan pekerjaan.

ANTARA mencatat setidaknya ada belasan hoaks terkait iklan lowongan pekerjaan dalam dua pekan terakhir ini.

Perusahaan-perusahaan besar yang dicatut dalam iklan itu antara lain Waskita Karya, Angkasa Pura II, perusahaan logistik JNE, serta PLN.

Dengan menyebar hoaks lowongan pekerjaan, para pelaku kejahatan memanfaatkan data-data pelamar untuk dijual di forum jual-beli data atau menipu korban untuk memberikan sejumlah uang.

HIDUP SEHAT DENGAN BUAH DAN SAYURAN SEGAR INDONESIA 

FB IMG 1593470640259

Berikut cara mengenali dan menjauhi hoaks iklan lowongan pekerjaan agar data-data pribadi Anda terlindungi:

1. Kunjungi situs atau akun resmi media sosial perusahaan terkait

Pastikan Anda menelusuri situs resmi terkait perusahaan yang sedang membuka lowongan di mesin pencari. Jangan mudah percaya dengan tautan yang disertakan dalam iklan. Bisa jadi Anda dibawa ke sebuah situs yang sengaja dibuat untuk mengelabui.

Perusahaan-perusahan besar pasti memiliki situs resmi. Dalam situs itu biasanya terdapat alamat perusahaan, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat surat elektronik, serta nama para pengurus atau penanggung jawab perusahaan.

Mereka juga punya akun resmi media sosial. Platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya menyediakan tanda khusus yang menunjukkan akun resmi sebuah perusahaan atau organisasi. Pastikan akun perusahaan yang membuka lowongan perkerjaan itu merupakan akun yang terverifikasi.

2. Pastikan penyebutan posisi pekerjaan yang ditawarkan dan waspadai pencantuman nama-nama pelamar

Hoaks iklan pekerjaan seringkali muncul tanpa menyebutkan posisi pekerjaan yang lowong secara spesifik.

Seringkali nama-nama pelamar diunggah atau dilampirkan dalam email balasan untuk meyakinkan pelamar bahwa dirinya termasuk yang terpilih untuk melakukan tes wawancara.

3. Berhati-hati untuk memberikan data diri yang sensitif

Data-data penting yang dapat dijual dalam forum jual-beli data antara lain nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, nomor rekening, nama gadis ibu kandung, serta nomor kartu kredit, termasuk tiga angka di belakang kartu kredit. Waspadai iklan lowongan kerja yang mensyaratkan Anda untuk mencantumkan data-data ini.

Untuk menghindari penyalahgunaan data kontak pribadi, Anda bisa menggunakan nomor ponsel dan alamat email khusus yang berbeda dengan yang biasa Anda pakai. 

4. Pastikan balasan dari saluran resmi perusahaan

Perusahaan yang memiliki kredibilitas tentu akan memberikan balasan atas surat lamaran Anda melalui saluran-saluran resmi, seperti menghubungi lewat telepon, mengirim pesan singkat melalui nomor resmi, membalas lamaran dengan alamat email seperti tercantum dalam situs perusahaan, atau memberikan informasi melalui akun resmi media sosial mereka.

5. Hindari membayar atau mentransfer uang ke pihak mana pun

Perusahaan besar dengan reputasi tinggi tidak akan meminta uang saat melakukan proses rekrutmen. Jangan mengirimkan uang sekecil apa pun dan untuk kepentingan apa pun kepada pihak yang akan merekrut Anda.

Sumber: antaranews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1575031577364

Lagi mencari lowongan kerja untuk Desember 2019? Kabar baik bagi Anda karena anak usaha PT Wijaya Karya (WIKA), yaitu WIKA Industri Energi kembali membuka lowongan kerja terbaru.

Kali ini, WIKA Industri Energi membuka lowongan kerja untuk posisi Secretary for Director. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 10 Desember 2019.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1586648256745Foto: AP Photo/Vincent Thian

SitindaonNews.Com | Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) membuka lowongan kerja menjadi Tim Penanganan Tes COVID-19. Ada sejumlah lowongan yang dibuka dalam Tim Penanganan Tes COVID-19 tersebut.

Total ada 7 lowongan kerja yang dibuka, mereka adalah Dokter, Analis Kesehatan, Perawat, Administrasi Kesehatan, Pengemudi, Operator Disinfektan, serta Tenaga Komunikasi.

Bagi yang lolos dalam seleksi Tim Penanganan Tes COVID-19, peserta akan menjadi prioritas PNS atau PPPK tahun anggaran 2020. Anggota tim yang lolos juga akan mendapat gaji, fasilitas tempat tinggal, dan piagam kehormatan.

Ada sejumlah syarat umum dan khusus untuk setiap lowongan yang dibuka. Berikut persyaratannya:  
 
Syarat umum untuk semua posisi:

- WNI 
- Memiliki KTP 
- Sehat Jasmani dan Rohani 
- Berdedikasi Tinggi 
- Tidak pernah tersangkut pidana/melanggar hukum 
- Bukan PNS, TNI, dan Polri 
- Menggunakan Masker pada tahapan seleksi

Syarat khusus tiap posisi:
Dokter

- Diutamakan spesialis patologi klinik 
- Lulusan profesi dokter 
- Memiliki SIP aktif 
- Memiliki STR aktif 
- Memiliki sertifikat ACLS, ATLS, dan PPGD yang masih berlaku 
- Pengalaman kerja di RS minimal 1 tahun

Laboratoris/Analis Kesehatan 
- Minimal D-III Analis Kesehatan 
- Memiliki STR Aktif 
- Pengalaman kerja di laboratorium minimal 1 tahun

Perawat 
- Minimal D-III Keperawatan 
- Memiliki STR AKtif 
- Memiliki sertifikat BTCLS dan PPGD yang masih berlaku 
- Pengalaman kerja di RS minimal 1 tahun

Administrasi Kesehatan 
- Minimal lulusan SMA/SMK Sederajat 
- Menguasai Ms Office 
- Mampu berbahasa Inggris (Pasif)

Pengemudi 
- Pria maksimal usia 40 tahun 
- Memiliki SIM A, B1 
- Minimal lulusan SMA/SMK
- Berpenampilan menarik

Operator Disinfektan
- Pria 
- Minimal lulusan SMA/SMK

Tenaga komunikasi 
- Mampu berbahasa Inggris (Pasif) 
- Minimal lulusan SMA/SMK 
- Mampu berkomunikasi dengan baik

Bagi yang tertarik bisa mengisi formulir pendaftaran di website karier BIN di sinidengan mengirimkan berkas persyaratan khusus dan umum, ijazah, transkrip nilai, dan pas photo 4x6 berwarna. Pendaftaran lowongan di buka pada 10-14 April

Sumber: detik.com

*Ijonk Aries*

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1575009202356sekolah tinggi intelijen negara, tempat agen rahasia digembleng

Bekerja di Badan Intelijen Negara (BIN) merupakan hal yang bergengsi.

Bagaimana tidak, selain menyandang status sebagai agen rahasia atau intelijen negara, gaji yang diterima juga cukup besar.

Meski tidak ada yang tahu berapa jumlah pasti gaji pegawai BIN, namun disinyalir gaji mereka mencapai puluhan juta rupiah.

0
0
0
s2sdefault
0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1574837934331

Anda lulusan SMK, D3, dan S1 yang lagi cari kerja? Jika ya, maka kabar baik bagi Anda. PT Traktor Nusantara membuka lowongan kerja terbaru.

Kali ini, PT Traktor Nusantara membuka lowongan kerja dengan menyiapkan delapan posisi sekaligus.

Sekadar informasi, sejak 1974, Traktor Nusantara selalu memberikan yang terbaik kepada para pelanggannya dalam menciptakan dan mendukung kesuksesan bersama.⁣⁣

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

susi 02 0b870c432e317dc9a510b1f2ce96322f 600x400 1

Susi Pudjiastuti Buka 4 Lowongan Kerja, Cek Posisi dan Syarat di Sini!

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membuka lowongan pekerjaan. Dia menawarkan lowongan pekerjaan kepada siapa pun yang memenuhi syarat untuk menjadi staf sekretariat pribadinya.

Lowongan itu beredar hari ini, Kamis (12/12). Ada empat posisi yang ditawarkan Susi, yakni sekretaris, videografer, social media officer, dan data analyst.

0
0
0
s2sdefault
0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1575510393009

 

SITINDAONNEWS.COM - Tidur adalah sesuatu yang sangat dinantikan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap lelah seharian beraktifitas, orang butuh tidur.

Saat malas melakukan kegiatan, orang lebih memilih tidur. Seperti, tidur adalah hal ternikmat di dunia setelah makan tentunya.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1574772223403KSP Moeldoko (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan sudah ada 1.300 orang yang melamar menjadi tenaga ahli KSP. Jumlah tersebut akan disaring menjadi 60 orang.


"Bukan hanya kepada parpol. Sampai dengan saat ini ada 1.300 pelamar ke KSP. Kia nanti hanya perlu 60-an paling banyak," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Menurut Moeldoko, ribuan pelamar itu akan menjalani rangkaian seleksi mulai dari wawancara hingga presentasi. Integritas para pelamar pun akan menjadi pertimbangan.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1575249368633Menuju kesuksesan (Shutterstock

SitindaonNews.Com - Menjadi sosok yang sukses, apapun indikatornya, merupakan impian bagi banyak orang. Hampir smeua orang pasti menginginkan kesuksesan finansial pada usia tertentu.

Hal itu tentulah membutuhkan usaha yang keras, jalan yang panjang, serta waktu yang tidak sebentar. Namun begitu, tidak sedikit pula yang menyerah di tengah perjalanannya dalam meraih kesuksesan tersebut.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1574662606559

Liputan6.com, Jakarta Selain lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, lowongan kerja lain yang diminati oleh masyarakat adalah lowongan kerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kabar baiknya, salah satu Perusahaan BUMN, yaitu BUMN PT Indra Karya (Persero) kembali membuka lowongan kerja terbaru.

0
0
0
s2sdefault
Page 1 of 3