fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20220630 WA0000Ilustrasi antar anak ke sekolah

Pendidikan menjadi salah satu hal terpenting yang akan mendukung tumbuh kembang anak.

Usia 0 hingga 6 tahun otak anak berkembang dengan sangat cepat hingga 80 persen sehingga mereka dapat menyerap informasi dengan cepat dan baik.

Di usia dini, faktor fisik, mental, dan spiritual anak juga mulai terbentuk dan akan berpengaruh pada kelanjutan hidupnya. Oleh karena itu, masa-masa tersebut sering disebut sebagai masa emas anak atau golden age.

Banyak orang tua yang ingin anak-anaknya mendapatkan pendidikan terbaik sejak usia dini dengan mengajarkannya banyak hal. Tidak sedikit dari para orang tua yang mengirim anaknya ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan se-segera mungkin. Tetapi, apakah hal tersebut baik untuk anak?

Orang tua perlu memahami kapan usia yang tepat untuk menyekolahkan anak-anaknya. Pendidikan di usia dini memang sangat penting namun mengirim mereka ke sekolah bukan lah solusi terbaik bagi mereka.

Seperti yang dijelaskan oleh seorang Psikologi anak, Elly Risman, bahwa anak-anak memiliki rentang waktu yang berbeda untuk mulai bersekolah, bermain, dan mendapatkan pendidikan dari orang tua mereka.

IMG 20220630 WA0001Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain. Photo : Freepik/gpointstudio

Hal mendasar yang menyebabkan banyak orang tua mengirim anaknya sekolah di usia yang sangat dini adalah kurangnya edukasi serta prinsip yang kuat sehingga para orang tua dengan mudah mengikuti trend yang ada. Padahal, menurut Elly Risman, yang paling dibutuhkan oleh anak-anak usia dini adalah kedekatan dengan kedua orang tuanya.

"Sebetulnya, yang diperlukan oleh anak pada usia awal-awal itu adalah kelengketan dengan ibu bapaknya," ujar Elly Risman. Kemampuan motorik anak juga dapat dilatih bersama kedua orang tua di rumah.

Sebelum kemampuan tersebut sempurna, menyekolahkan anak justru akan memberikan mereka lebih banyak tekanan bahkan membatasi kreativitas mereka. Orang tua dapat membuat berbagai permainan sederhana di rumah, seperti memakaikan kain kepada anak untuk mereka berimajinasi menjadi superhero atau membuat kerajinan tangan dari barang seadanya. Imajinasi seperti itu sangat membantu cara berpikir anak untuk lebih kreatif dalam berbagai hal.

Banyak orang tua yang tergiur dengan berbagai fasilitas dan permainan yang disediakan oleh sekolah anak usia dini, padahal bermain di rumah bersama orang tua jauh lebih baik bagi tumbuh kembang anak. Orang tua bisa bercerita atau mendongeng sambil melakukan aksi seru bersama anak-anak sekaligus membangun kedekatan dengan mereka.

"Satu hal yang paling banyak orang tidak tahu adalah permainan yang paling bagus buat anak adalah tubuh ibu bapaknya," ujar Elly Risman.

Menurut Elly Risman, waktu yang tepat untuk mengirim anak-anak ke sekolah adalah ketika sel-sel pusat di otak telah saling terhubung, yaitu sekitar usia tujuh tahun. "Kalo kita menyekolahkan usia 7 tahun tinggal mundur ke belakang. SD nya berapa, TK nya berapa, atau kalau mau dimasukin play group juga," lanjutnya.

Menyekolahkan anak terlalu dini dapat membawa berbagai dampak yang negatif bagi perkembangan mereka. Pertama adalah hilangnya masa kanak-kanak atau masa bermain mereka serta kebosanan yang akan muncul di waktu tidak terduga bagi anak-anak.

Elly Risman menjelaskan bahwa anak-anak perlu bermain di usia 0-8 tahun, maka jika waktu tersebut dicuri dengan memberikan mereka pendidikan sekolah yang terstruktur maka akan menyebabkan hilangnya masa bermain mereka sehingga akan menimbulkan kebosanan dini bagi mereka di sekolah

 

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

090631700 1643438516 ohBocah 9 Tahun Ini Miliki Rumah Mewah hingga Jet Pribadi, Jadi Miliarder Termuda di Dunia (Sumber: Instargam/ momphajnr)

SitindaonNews.Com, || Terlahir menjadi orang kaya tentu merupakan hal yang didambakan banyak orang. Punya rumah mewah, hingga mobil mewah bukan hal yang tabu untuk diinginkan setiap orang. Tanpa menunggu tua, kisah bocah yang dijuluki sebagai miliarder termuda ini tentu menjadi impian setiap orang. Bocah ini bernama Muhammad Awal Mustapha yang juga kerap dijuluki Richie Rich yang sesungguhnya.

Melansir dari The Sun, Muhammad Awal Mustapha merupakan anak dari seorang selebriti internet Nigeria Ismailia Mustapha, yang dikenal sebagai Mompha. Sang anak kemudian dijuluki sebagai Mompha Jr. Meski baru berusia 9 tahun dan baru mengunggah beberapa foto di Instagram, namun banyak netizen yang menjadi pengikutnya. Hingga kini Mompha Jr telah memiliki followers sebanyak 32 ribu.

“Memiliki rumah sendiri adalah salah satu perasaan terbaik yang pernah ada. Itu tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, itu tidak bisa diukur dengan uang, ujar Mompha Jr mengutip dari India Times (28/1).

Aset mewah hingga miliaran rupiah ini terdiri dari mobil mewah, rumah mewah, bahkan jet pribadi. Berikut selengkapnya:

 Punya Rumah di Usis 6 Tahun

Bocah 9 Tahun Jadi Miliarder
 
Bocah 9 Tahun Ini Miliki Rumah Mewah hingga Jet Pribadi, Jadi Miliarder Termuda di Dunia (Sumber: Instargam/ momphajnr)
 

Terlahir sebagai orang yang tajir, Ismailia Mustapha selalu memberikan barang mewah untuk putranya. Seperti di usia 6 tahun, Mompha Jr telah diberikan satu unit mansion mewah yang telah diserah pemilikan kepadanya.

“Selamat Putraku atas Rumah Barumu. Hadiah ulang tahunmu dari Ayah," tulisnya di media sosial saat itu.

Tak hanya itu supercar hingga pesawat jet pribadi sudah menjadi kepemilikan Mompha Jr. Tak heran ia kerap berkeliling dunia dengan jet pribadinya. 

Koleksi Mobil Mewah

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

b50199ce 7b1f 4061 af0c f9a79ea5183c 169Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito. (CNN Indonesia/Djonet Sugiarto)

SitindaonNews.Com | Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkapkan sejumlah merek kopi yang mengandung bahan kimia obat yakni paracetamol dan obat kuat pria.

BPOM merinci, merek kopi tersebut yakni, Kopi Jantan, Kopi Cleng, Kopi Bapak, Spider, Urat Madu, dan Jakarta Bandung. Belum ada keterangan dari produsen kopi tersebut terkait temuan BPOM.

Kepala BPOM, Penny K. Lukito mengingatkan soal bahaya penggunaan bahan kimia obat dalam produk pangan olahan. BPOM, kata dia, menemukan kopi yang mengandung Parasetamol dan Sildenafil dalam penindakan di Kota Bandung dan Kabupaten Bogor.

"Bahan Kimia Obat merupakan bahan yang dilarang digunakan dalam obat tradisional dan pangan olahan. Bahan kimia obat seperti Paracetamol dan Sildenafil merupakan bahan yang digunakan untuk produksi obat," kata Penny dalam keterangannya, Minggu (6/3).

Penny menjelaskan bahwa penggunaan Paracetamol dan Sildenafil yang tidak tepat dapat mengakibatkan efek samping yang ringan, berat bahkan sampai menimbulkan kematian.         

Kata Penny, Paracetamol dapat menimbulkan efek samping mual, alergi, tekanan darah rendah, kelainan darah, dan jika digunakan secara terus-menerus dapat menimbulkan efek yang lebih fatal seperti kerusakan pada hati dan ginjal.

Sementara Sildenafil dapat menimbulkan efek samping mulai dari yang ringan seperti mual, diare, kemerahan pada kulit, hingga reaksi yang lebih serius seperti kejang, denyut jantung tidak teratur, pandangan kabur atau buta mendadak, bahkan dapat menimbulkan kematian.

"Jika tidak digunakan sesuai aturan pakai (dosis), bahan kimia obat ini dapat menimbulkan risiko tinggi dan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan," ujarnya.

BPOM telah menemukan 15 jenis produk jadi atau sebanyak 5.791 pcs pangan olahan mengandung BKO dan 36 jenis atau 18.212 pcs obat tradisional mengandung BKO.

Selain itu, juga ditemukan bahan produksi dan bahan baku. Yakni, 32 Kg bahan baku obat ilegal mengandung Parasetamol dan Sildenafil, 5 Kg produk rumahan atau bahan campuran setengah jadi, cangkang kapsul serta bahan kemas aneka jenis seperti aluminium foil untuk sachet, karton, plastik, dan hologram.

BPOM menyatakan barang bukti pangan olahan dan obat tradisional yang ditemukan seperti Kopi Jantan, Kopi Cleng, Kopi Bapak, Spider, Urat Madu, dan Jakarta Bandung. Produk-produk tersebut diduga mengandung BKO Paracetamol dan Sildenafil.

"Nilai keekonomian barang bukti ini diperkirakan mencapai 1,5 miliar rupiah," ucap Penny.

Diungkapkan Penny, pihaknya telah melakukan pemantauan dan analisis terhadap penjualan online produk pangan olahan mengandung Bahan Kimia Obat dengan merek Kopi Jantan pada periode Oktober-November 2021. Hasilnya, penjualan produk tersebut memiliki nilai transaksi rata-rata sebesar Rp7 miliar setiap bulannya.

Dalam penindakan ini, BPOM juga mengungkap dua pelaku selaku produksi dan peredaran pangan serta obat tradisional ilegal.

Terhadap para pelaku produksi dan pengedar pangan ilegal dapat dikenakan Pasal 136 UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan serta Pasal 140 UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan sebagaimana telah diubah dengan Pasal 64 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Sedangkan, para pelaku yang memproduksi dan mengedarkan obat tradisional ilegal mengandung bahan kimia obat dapat dipidana sesuai dengan Pasal 196 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan serta Pasal 197 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan sebagaimana diubah dengan Pasal 60 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Penny juga menuturkan bahwa jaringan ini telah memproduksi dan mengedarkan produk ilegal selama dua tahun atau sejak Desember 2019.

"Badan POM akan terus melakukan pengembangan dan identifikasi jaringan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menekan peredaran produk obat dan makanan ilegal serta memberantas peredaran bahan baku obat ilegal di Indonesia," tuturnya.  (CNN Indonesia)

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

226d158a8ccf99a3ab4649d47f9c296dfa50988eced0715ae03b54d2ccdb239d.0Mengusir flek hitam dengan pisang hanya dalam 15 menit (Kolase Freepik

SitindaonNews.Com, || Flek hitam memang menganggu penampilan. Padahal para wanita sudah menjaga wajah dengan sebaik mungkin.

Tidak heran jika para wanita rela merogoh kocek mahal demi merawat wajah.

Maka jangan kaget kalau banyak wanita membeli skincare dengan beragam merek.

Padahal ada cara mengusir flek hitam di wajah dengan bahan yang ada di dapur dan kulkas.

Salah satunya dengan menggunakan pisang.

Nah, begini cara mengusir flek hitam dalam waktu 15 menit menggunakan pisang.

1. Pisang

Ini adalah obat terbaik yang telah dicoba dan diuji untuk warna kulit yang merata dan juga untuk menghilangkan flek hitam.

Ambil pisang dan kupas, lalu potong menjadi irisan tipis.

Saring dan peras satu jus lemon ke dalam bubur pisang.

Oleskan selama 15-20 menit setiap hari, pijat lembut di bagian akhir dan bilas dengan air dingin.

Anda akan melihat perbedaan yang jelas dalam warna kulit Anda, hiperpigmentasi dan kulit bersinar dalam beberapa hari.

02ddc56461547e3254ee79936bb4a525d9a1ab2d71e40ed1d984b4d3dd571116.0Pisan

2. Pepaya

Pepaya adalah bahan lain yang memiliki beberapa khasiat luar biasa yang menyehatkan dan bermanfaat bagi kulit.

Itu membuat kulit lembut dan juga melakukan pekerjaan luar biasa sebagai pembersih.

Satu-satunya masalah adalah tidak cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat.

Namun, jika Anda ingin mengobati flek hitam, ambil pepaya yang dihaluskan dan saring.

Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Cuci dengan air dingin.

Gunakan perawatan ini setiap hari sebagai alternatif.

Enzim dalam pepaya, papain, membantu mengurangi flek hitam dan membuat kulit lembut dan bercahaya.

3. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya adalah kunci utama untuk setiap rahasia kecantikan baik kulit atau rambut Anda.

Untuk perawatan flek hitam, ekstrak gel dari tanaman lidah buaya dan oleskan dengan tangan ringan pada area flek hitam.

Pijat selama 5-7 menit dan biarkan kulit menyerap gel lidah buaya.

Cuci dengan air biasa dan lihat perbedaan yang terlihat pada warna kulit Anda dalam beberapa hari karena lidah buaya memiliki kualitas peremajaan kulit.

4. Jus Lemon

Karena lemon adalah buah jeruk, asam sitrat dalam jus lemon tidak hanya memperbaiki warna kulit yang membuat Anda lebih cerah dari waktu ke waktu, tetapi juga mengobati jerawat dengan baik karena sifat anti-septiknya.

Untuk memanfaatkan sifat pengelupasan dan pemutihan lemon, peras beberapa jus lemon.

Ambil bola kapas, rendam dalam jus lemon dan oleskan ke flek gelap, gosok selama 5 menit setiap hari.

Luangkan waktu dan tetap di tempat teduh setelah perawatan (Hindari paparan sinar matahari langsung).

Dalam seminggu, Anda akan mulai memperhatikan bahwa bintik-bintik gelap berkurang dan kulit sudah mulai cocok dengan warna kulit alami.

5. Irisan Bawang untuk Pigmentasi dan Flek Hitam

Terlepas dari pengobatan flek hitam, bawang merah bertindak sebagai bahan anti-penuaan untuk kulit Anda.

Cukup iris bawang merah yang berair, putih dan berukuran kecil dan gosok irisan itu pada bintik-bintik gelap selama 5 menit.

Hasilnya akan mulai terlihat sekitar hari kesepuluh penggunaan berturut-turut.

Juga, bawang meningkatkan warna kulit dan menghilangkan hiperpigmentasi dari kulit.

Semua solusi di atas bekerja dengan baik jika diikuti dengan tekad dan konsistensi!

 

 

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

ilustrasi sakit tenggorokan 169Foto ilustrasi. (iStock/bymuratdeniz)

SitindaonNews.Com | Berbagai epidemiolog mengklaim virus Covid-19 varian Omicron memiliki gejala yang lebih ringan ketimbang varian Delta. 

Terbukti, kebanyakan orang yang terpapar Omicron tidak mengalami gejala serius.

Pada umumnya, gejala yang dialami seperti demam, sakit kepala, dan badan lemas. Meski demikian, gejala mirip flu tenggorokan tersebut tak boleh diabaikan begitu saja.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com setidaknya terdapat lima gejala Omicron yang kerap diabaikan.

1. Tenggorokan Sakit

Selain pilek, rasa sakit di tenggorokan kerap disepelekan karena sering dirasakan. Padahal, pasien yang terpapar Omicron pada umumnya mengalami sakit tenggorokan. Namun, rasa sakit ini tidak disertai batuk.

2. Pilek

Pilek dan flu merupakan gejala yang biasa dialami banyak orang saat cuaca tidak menentu. Padahal, pilek merupakan salah satu ciri gejala Omicron yang paling banyak terjadi pada pasien Covid-19.

3. Bersin

Bersin juga menjadi salah satu gejala yang sering dirasakan orang yang sedang sakit flu. Namun, bersin juga bisa menjadi gejala Omicron.

Pasalnya, Omicron memiliki afinitas lebih tinggi untuk menginfeksi bagian atas pernapasan dan mengakibatkan orang yang terpapar Omicron sering bersin hingga merasakan sesak napas.

4. Kelelahan Ekstrem

Rasa lelah merupakan gejala yang umum terjadi, terlebih seusai bekerja. Namun, rasa kelelahan ekstrem bisa menjadi gejala Omicron dan kerap diabaikan.

5. Batuk

Batuk merupakan gejala yang kerap dialami seseorang ketika flu. Namun, batuk juga bisa menjadi salah satu gejala Omicron dan kerap diabaikan.

Sumber: cnnindonesia.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

b21cbcf09484150508c90f715cd0ed36c4b6569b81e123740dc2c96aee7cf493.0Ilustrasi Ojol

SitindaonNews.Com, || Penumpang wanita sepeda motor ojek online (ojol) terkadang canggung duduk di jok belakang, bahkan ada yang tidak bisa menentukan mana yang pas, duduk searah ke depan atau malah hadap samping. Menurut pakar, sikap duduk terbaik bagi penumpang wanita yaitu yang menjunjung keselamatan berkendara.

Sikap duduk bonceng yang benar yaitu menghadap depan dan menempel ke pengendara, ini fungsinya menyatukan titik keseimbangan agar kendaraan lebih stabil dikemudikan. Namun bagi wanita, hal ini bisa jadi masalah lantaran risih, apalagi sampai harus menempel atau memeluk pengendara, yang kemudian membuat mereka memilih duduk menjauhi pengendara

Praktisi keselamatan dari Jakarta Devensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Palubuhu, pernah menjelaskan bila penumpang wanita enggan memegang pinggang pengendara, solusinya dapat menempelkan kedua lutut bagian dalam ke pinggul pengendara motor.

"Kalau orang [penumpang] yang tidak melekat [dengan pengendara motor] benar [motor] akan goyang. Itu goyangnya penumpang malah bisa [menimbulkan] pengemudi hilang kendali," kata Jusri.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jarak dengan pengemudi. Wanita penumpang motor disarankan duduk tidak terlalu ke belakang karena bisa memengaruhi kestabilan motor. Bila posisi itu dirasa paling nyaman, coba dengan memegang pegangan tangan yang tersedia di samping atau belakang motor dan jangan lupa menempelkan lutut ke pinggul pengendara motor.

Dalam posisi itu coba kurangi gerakan berlebihan yang berpotensi mengacaukan keseimbangan pengemudi ojol.

Dijelaskan Jusri posisi penumpang motor menghadap ke depan adalah paling ideal, sebab bisa mengikuti gerak pengendara. Posisi duduk yang kurang ideal menghadap ke samping.

"Kalau orang [penumpang] yang tidak melekat [dengan pengendara motor] benar [motor] akan goyang. Itu goyangnya penumpang malah bisa [menimbulkan] pengemudi hilang kendali," kata Jusri.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jarak dengan pengemudi. Wanita penumpang motor disarankan duduk tidak terlalu ke belakang karena bisa memengaruhi kestabilan motor. Bila posisi itu dirasa paling nyaman, coba dengan memegang pegangan tangan yang tersedia di samping atau belakang motor dan jangan lupa menempelkan lutut ke pinggul pengendara motor.

Dalam posisi itu coba kurangi gerakan berlebihan yang berpotensi mengacaukan keseimbangan pengemudi ojol.

Dijelaskan Jusri posisi penumpang motor menghadap ke depan adalah paling ideal, sebab bisa mengikuti gerak pengendara. Posisi duduk yang kurang ideal menghadap ke samping.

Menurut Jusri penumpang yang duduk menyamping membuat pengendalian motor jadi lebih sulit dan lebih berisiko kecelakaan.

"Duduk menghadap searah dengan pengemudi juga membuat kita [penumpang] meletakkan kedua kaki di footsteps motor. Ini lebih nyaman," ucap Jusri.

Wanita penumpang ojol juga disarankan memperhatikan pakaian. Hindari pakaian menjuntai ke bawah seperti selendang atau rok panjang, dikhawatirkan bisa terlilit gir sepeda motor

Menurut Jusri penumpang yang duduk menyamping membuat pengendalian motor jadi lebih sulit dan lebih berisiko kecelakaan.

"Duduk menghadap searah dengan pengemudi juga membuat kita [penumpang] meletakkan kedua kaki di footsteps motor. Ini lebih nyaman," ucap Jusri.

Wanita penumpang ojol juga disarankan memperhatikan pakaian. Hindari pakaian menjuntai ke bawah seperti selendang atau rok panjang, dikhawatirkan bisa terlilit gir sepeda motor

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

ilustrasi nyamuk demam berdarah ilustrasi dbd ilustrasi dengue fever 169Anda pasti pernah merasa kebingungan saat kaki dan tubuh diserang gigitan nyamuk bertubi-tubi tapi teman di sebelah Anda sama sekali tak digigit nyamuk. (iStockphoto/Noppharat05081977)

SitindaonNews.Com | Anda pasti pernah merasa kebingungan saat kaki dan tubuh diserang gigitan nyamuk bertubi-tubi tapi teman di sebelah Anda sama sekali tak digigit nyamuk.

Kok bisa? Karena darah manis?

Secara ilmiah, Ilmu pengetahuan mengungkapkan ada berbagai faktor yang membuat seseorang lebih menarik buat nyamuk

Beberapa orang lebih menarik bagi nyamuk karena jumlah karbon dioksida yang dipancarkan dalam panas hingga warna pakaian (warna lebih gelap lebih mengundang nyamuk dibanding warna terang).

Nyamuk betina yang menggigit manusia dan mereka melakukannya untuk mendapatkan protein darah untuk bertelur.

1. Jumlah karbon dioksida

Mengutip Antara, untuk membantu menemukan mangsanya, nyamuk betina dilengkapi dengan reseptor bau khusus yang mendeteksi karbon dioksida dan aroma manusia. Oleh karenanya orang yang mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida, misal karena kelebihan berat badan atau sedang hamil, cenderung lebih menarik bagi nyamuk.

2. Golongan darah

Selain itu, golongan darah juga disebut bisa membantu menentukan preferensi nyamuk. Satu studi menemukan bahwa nyamuk lebih menyukai orang dengan golongan darah O hampir dua kali lipat dibandingkan dengan golongan darah A.

Terlepas dari golongan darahnya, penelitian yang sama menemukan bahwa orang yang "sekretor" (mengeluarkan bahan kimia pada kulit mereka yang menunjukkan golongan darah mereka) lebih mungkin digigit nyamuk.

3. Olahraga

Penelitian lain menemukan bahwa olahraga--karena asam laktat yang dikeluarkan dalam keringat dan peningkatan suhu tubuh--juga dapat membuat seseorang lebih menarik bagi nyamuk.

4. Genetika

Jika Anda kurang beruntung dan menjadi magnet bagi nyamuk, itu mungkin karena susunan genetika Anda. Sebuah studi kembar 2015 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa DNA dapat menjelaskan hampir 67 persen daya tarik nyamuk.

5. Bau badan

Karena penelitian sebelumnya telah menyimpulkan bahwa kembar identik memiliki bau badan yang lebih mirip daripada kembar non-identik, para peneliti menyimpulkan bahwa gen berperan dalam bau badan dan daya tarik nyamuk.

Para peneliti menemukan bahwa kembar identik, yang memiliki gen yang sama persis, memiliki tingkat ketertarikan nyamuk yang lebih mirip dibandingkan dengan kelompok kembar fraternal.

Studi ini mengambil dua kelompok kembar perempuan--satu kelompok identik dan lainnya bersaudara--dan mereka memasukkan tangan mereka ke dalam wadah plexiglas berbentuk Y yang memungkinkan nyamuk untuk mendeteksi bau mereka tanpa diizinkan untuk menggigit.    (cnnindonesia)

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

8a99b78b59b1454a2c652b5af2bdb3f6cddd2379bf8356bbd78f0cd8edd1d7b5.0Penderita diabetes dianjurkan selektif memilih makanan untuk mengontrol kadar gula darah. 

SitindaonNews.Com, || Penderita diabetes dianjurkan selektif memilih makanan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, termasuk dengan menghindari pola atau jenis sarapan tertentu. Berikut kesalahan sarapan yang patut dihindari penderita diabetes.

Pilihan menu sarapan yang tepat menjadi hal penting untuk membantu mengatasi mengendalikan diabetes.

"Ingat hal pertama di pagi hari, Anda sudah berjam-jam tanpa makan dan tubuh Anda membutuhkan bahan bakar," kata Kelly O'Connor, ahli diet dan direktur pendidikan diabetes di pusat endokrinologi di Mercy Medical Center di Baltimore, seperti dikutip Everyday Health.

"Jika Anda tidak sarapan, tubuh akan membuat sendiri dalam bentuk gula darah yang disimpan dan dilepaskan ke aliran darah Anda - yang seringkali menghasilkan gula darah yang terlalu tinggi."

Selain pola makan sehat dan memastikan metabolisme berjalan sepanjang hari secara stabil, penderita diabetes juga perlu memperhatikan kesalahan-kesalahan yang harus dihindari saat sarapan. Apa saja?

1. Lupa serat
Sarapan merupakan kesempatan dan waktu yang bagus untuk mendapatkan serat. Pasalnya, serat baik untuk diabetes karena membuat kenyang tanpa menaikkan gula darah.

Itu artinya bisa mengontrol gula darah yang lebih baik dan lebih sedikit kalori.

Cobalah untuk mendapatkan 7 sampai 10 gram serat setiap pagi sebagai bagian dari sarapan sehat untuk diabetes.

2. Konsumsi daging olahan
Bacon, sosis, dan ham tidak menambahkan karbohidrat ke dalam pola makan Anda, itu juga bukan pilihan protein yang sehat.

"Pilihan sarapan yang buruk memberikan kalori berlebihan dengan sedikit atau tanpa nutrisi," kata O'Connor.

"Jauhi sarapan berupa minuman kopi besar dengan krim kocok dan karamel, sereal manis, dan kue-kue manis."

3. Hindari konsumsi smoothie
Makan buah lebih baik daripada meminumnya. Minum jus atau smoothie saja di pagi hari hanya akan memberikan setengah dari manfaatnya.

"Nutrisi yang lebih baik berasal dari makanan utuh," kata O'Connor. "Perlu diingat bahwa satu porsi besar buah yang dijus mengandung karbohidrat dan kalori yang signifikan."

Menurut O'Connor, itu berarti penderita diabetes bisa mengalami kenaikan gula darah dan penambahan berat badan karena terlalu sering mengonsumsinya.

Selain itu, seperti dikutip Times of India, minum jus atau smoothie akan membuat Anda merasa lapar lebih awal.

4. Melewatkan sarapan
Kesalahan terbesar yang harus dihindari adalah melewatkan sarapan sama sekali.

Ketika Anda pergi terlalu lama tanpa makan, tubuh Anda masuk ke mode kelaparan. Dan ketika akhirnya menyerah pada rasa lapar di siang hari, Anda mungkin makan berlebihan, tubuh pun akan mengambil semua lemak dari makanan Anda dan menyimpannya.

5. Kurang protein
"Sarapan harus menggabungkan sumber karbohidrat yang sehat, sekitar 15 hingga 30 gram, dengan sedikit protein tanpa lemak," kata O'Connor.

"Pikirkan karbohidrat sebagai energi yang dibutuhkan tubuh Anda dan protein sebagai apa yang membuatnya bertahan. "

Menurutnya, protein juga membantu Anda merasa lebih kenyang.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

cde3ced4c6cad1a72c7541c8c06c208f087e43e5b649448e0e59d6665ca8d6a9.0Minum air cengkeh 2 kali sehari bisa berikan khasiat luar biasa untuk kesehatan

SitindaonNews.Com, || Bumbu dapur satu ini pasti sangat familiar bagi anda.

Apalagi kalau bukan cengkeh.

Harga cengkeh juga sangat murah meriah di pasaran.

Jadi tidak heran para ibu rumah tangga membeli dalam jumlah banyak.

Cengkeh adalah sumber tannin, flavonoid, sterol, dan lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan.

Sudah tidak diragukan lagi manfaat luar biasa yang bisa diterima tubuh.

Bagi anda yang masih ragu, coba simak artikel ini untuk tahu manfaat luar biasa dari cengkeh.

Yuk kita simak bersama.

Jangan sampai menyesal telat tahu ya!

Manfaat Cengkeh

1. Obat untuk masalah pencernaan

Salah satu kegunaan cengkeh yang paling penting adalah untuk membantu sistem pencernaan.

Ini karena cengkeh adalah karminatif properti dan anti-inflamasi, mereka baik untuk menghilangkan gas dan gangguan pencernaan.

Selain itu, ekstrak yang terbuat dari cengkeh dapat digunakan untuk mengobati bisul.

Bahan yang dibutuhkan:

- 5 siung

- 1 cup air

Persiapan:

- Pertama, rebus gelas air.

- Saat air mendidih, tambahkan cengkeh.

- Matikan api dan biarkan cengkeh curam di dalam air selama 10 menit.

- Setelah 10 menit berlalu, saring dan kemudian meminumnya.

- Minum ini 2 kali sehari selama 3 hari berturut-turut untuk hasil terbaik.

2. Membantu meredakan sakit tenggorokan

Sifat antimikroba pada cengkeh membantu menghilangkan mikroorganisme yang dapat mengiritasi tenggorokan.

Cengekh sangat efektif ketika dikonsumsi dengan bahan-bahan sehat lainnya.

Artikel berlanjut setelah video di bawah ini :

Bahan yang dibutuhkan:

- 1 sendok teh cengkeh (5 g)

- 1 sendok makan lobak murni (15 g)

- Madu (15 g)

- Air hangat (200 ml)

Persiapan:

- Campurkan semua bahan dan letakkan semuanya dalam secangkir air hangat.

- Sekarang, kumur campuran selama 2 atau 3 menit.

- Ulangi setiap hari sampai tenggorokan Anda mulai merasa lebih baik.

3. Mereka obat yang bagus untuk kesehatan mulut

Penggunaan cengkeh lainnya adalah untuk kesehatan mulut. Ini karena mereka tidak hanya membantu mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit dan infeksi gusi, tetapi mereka juga mengurangi plak dan membantu mengurangi masalah seperti sakit gigi dan bau mulut.

Bahan yang dibutuhkan:

- 2 tangkai peterseli

- 3 siung

- 2 gelas air (400 ml)

Persiapan:

- Pertama, rebus dua gelas air.

- Setelah mendidih, tambahkan peterseli dan cengkeh.

- Kecilkan api dan biarkan masak selama 2 menit.

- Selanjutnya, angkat dari api, tutup minumannya, dan diamkan selama 10 atau 15 menit.

- Kemudian, saring.

- Terakhir, minum infus ini tiga kali sehari untuk hasil terbaik.

4. Mereka obat yang bagus untuk batuk

Bahan alami ini juga bagus untuk mengobati batuk atau masalah pernapasan lainnya.

Khasiatnya membantu melawan virus dan bakteri yang mempengaruhi paru-paru. Selain itu, ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Bahan yang dibutuhkan:

- 3 cengkeh

- 1 gelas air (200 ml)

- 1/2 jus lemon

- 1 sendok makan madu (15 g)

Persiapan:

- Pertama, didihkan airnya.

- Setelah mendidih, tambahkan cengkeh, jus lemon dan madu.

- Biarkan curam selama 10 menit lalu minum.

- Minumlah infus ini setiap malam sebelum tidur atau sampai gejalanya hilang.

Peringatan!

Meskipun ada beberapa manfaat obat menggunakan cengkeh, ada beberapa kasus ketika orang tidak boleh mengonsumsi cengkeh.

Misalnya, orang yang menderita gagal hati karena penyakit Crohn harus menghindari konsumsi cengkeh.

Wanita yang sedang hamil dan menyusui juga harus menghindari cengkeh.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20220123 094323Janda terkaya di Indonesia diidentikkan dengan sosok wanita kuat yang mampu berdikari meski tanpa disokong secara materi oleh siapa pun, salah satunya Yuni Shara. Foto/Instagram Yuni Shara

SitindaonNews.Com, || Janda terkaya di Indonesia diidentikkan dengan sosok wanita kuat yang mampu berdikari meski tanpa disokong secara materi oleh siapa pun.Tercatat beberapa wanita yang menyandang status janda tetap moncer kekayaannya.

Ada banyak wanita yang ketika menyandang status janda, entah faktor perceraian ataupun ditinggal suami yang wafat, tidak membuat mereka menjadi lemah. Hal tersebut jelas tercermin dari para janda berikut.

Menjalani hidup sendiri tanpa adanya pasangan yang membersamai secara langsung, para wanita ini punya penghasilan melimpah sehingga bisa dibilang sebagai sosok janda terkaya di Indonesia .

Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (22/1/2022).

1. Ayu Ting Ting

1081303e3e6f3ddb29d8bfce454971acbf20caeb09164d87679bd1f428bd8a24.0

Sejak bercerai dengan Henry Baskoro Hendarso pada 2014, selebriti bernama asli Ayu Rosmalina ini masih menjanda sampai sekarang.

Ayu Ting Ting harus membesarkan sendiri anak semata wayangnya, buah cinta dengan sang mantan suami, yakni Bilqis Khumairah Razak. Meski menjadi single parent, kekayaan Ayu Ting Ting tetap melimpah ruah.

Sebagai salah satu selebriti wanita dengan follower Instagram terbanyak di Indonesia, jasa endorsement Ayu untuk sekali posting ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Itu belum termasuk job di dunia hiburan sebagai musisi atau menjadi pengisi acara. Sudah begitu, Ayu Ting Ting juga diketahui memiliki sejumlah lini bisnis seperti karaoke hingga kontrakan.

Dengan demikian, rasanya pantas apabila nama Ayu Ting Ting dimasukkan dalam daftar janda terkaya di Indonesia!

2. Yuni Shara

046285e822dec7498e6d121ea3887f0e9ccd90ed201d39f948fa274a2ea1da3f.0

Jauh sebelum Ayu Ting Ting, Yuni Shara telah lebih dulu menjanda sejak bercerai dengan suami keduanya, yakni Henry Siahaan, di tahun 2008.

Namun, kakak kandung Krisdayanti ini juga bisa dibilang sebagai salah seorang selebriti bahkan wanita yang menyandang status janda terkaya di Indonesia.

Sumber cuannya begitu banyak. Meskipun belakangan tak terlalu aktif di dunia hiburan, Yuni Shara diketahui memiliki sejumlah bisnis di berbagai bidang mulai kuliner, fashion, hingga menjadi produsen panci antilengket.

Tak puas, Yuni Shara juga merambah lini usaha yang mungkin lebih banyak digeluti oleh kaum pria, yakni bisnis konstruksi dan batu bara.

Terbayang dong betapa tajirnya dia?

3. Arini Saraswati Subianto

cc20c36bc536327d4bb9599b12d44bab2e9f7eb2751320b912a92bdd05cd4826.0

Gelar sebagai janda terkaya di Indonesia sudah pasti digenggam oleh wanita karier satu ini.

Bagaimana tidak, Arini Saraswati Subianto bahkan termasuk dalam jajaran wanita paling tajir di Tanah Air.

Di balik kesuksesannya, Arini merupakan janda dengan dua anak sejak ditinggal wafat sang suami pada 2012.

Di tahun 2019, ia ditaksir oleh majalah Forbes memiliki kekayaan sebesar USD600 juta atau sekitar Rp8,5 triliun.

Sumber cuan melimpah itu ia dapatkan dari statusnya sebagai presiden direktur dari tiga perusahaan sekaligus, yakni PT Persada Capital Investama, PT Tri Nur Cakrawala, dan PT Pandu Alam Persada.

Lewat perusahaan yang bergerak di bidang jasa investasi dan konstruksi itu, Arini menggenggam saham salah satu perusahaan batu bara besar di Indonesia, yakni PT Adaro Energy Tbk. Maka tak heran apabila ia begitu tajir melintir.

Sumber: sindonews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20220131 131051

SitindaonNews.Com, || Varian omicron telah menyebar begitu cepat sehingga menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di AS. Namun, tidak seperti delta, omicron tampaknya menyebabkan jumlah infeksi terobosan yang jauh lebih tinggi.

Dokter telah mengonfirmasi bahwa baik orang yang tidak divaksinasi maupun yang sudah divaksinasi lengkap dapat tertular varian ini. Meskipun mungkin mereka mengalami gejala yang sangat berbeda. Faktanya, ada gejala Covid-19 yang jauh lebih mungkin dialami pada orang yang sudah divaksinasi daripada pada orang yang tidak divaksinasi, begitu pula sebaliknya.

Dua Pakar Beri Penjelasan
Varian omicron memiliki kemampuan untuk menyebar ke individu yang sudah divaksinasi dan tidak divaksinasi, cara manifestasinya tampaknya berbeda. Seorang Profesor di New York University Meyers College of Nursing, Maya N Clark-Cutaia, mengatakan, orang yang sudah divaksinasi dan terinfeksi omicron cenderung lebih mengeluhkan sakit kepala, nyeri tubuh, dan demam.

"Seperti pilek yang sangat parah," kata dia dilansir dari Best Life Online, Sabtu (29/1/2022).

Di sisi lain, sesak napas, batuk, dan gejala mirip flu lainnya, hanya benar-benar menyerang orang yang tidak divaksinasi dan terinfeksi varian ini. Direktur Kesehatan Global dalam Pengobatan Darurat di New York-Presbyterian dan Columbia University Medical Center, Craig Spencer, mengatakan, orang yang telah melakukan vaksinasi booster juga mungkin mengalami sakit tenggorokan, sementara mereka yang diberi dua dosis mungkin mengalami kelelahan dan batuk.

"Tapi, tidak ada yang sesak napas," tulis dia pada 26 Desember 2021 lalu.

Hilangnya indra penciuman dan perasa adalah gejala yang kurang umum pada omicron. Mereka juga melemah karena gejalanya kian berkurang, misalnya, sudah jarang yang mengeluhkan demam.

"Saya pikir apa yang kami alami adalah sama seperti orang-orang yang sudah divaksinasi atau sudah di-booster. Kami tidak melihat banyak yang alami demam, jika ada, itu adalah orang yang belum divaksinasi," kata Kepala Penyakit Menular di Penn Presbyterian Medical Center, Judith O’Donnell.

Ia juga menegaskan bahwa infeksi terobosan ini lebih mungkin menimbulkan gejala seperti pilek. "Orang yang divaksinasi yang memiliki gejala pilek, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, tetapi tidak mengalami demam (jika sudah divaksinasi dan dibooster dan mengalami gejala itu) mungkin orang itu terkena Covid-19," kata O’Donnell.

Namun, banyak dokter mengatakan bahwa perbedaan terbesar yang dialami orang terinfeksi omicron yang sudah divaksinasi dan tidak divaksinasi bukanlah jenis gejalanya, tetapi tingkat keparahan gejalanya. Orang yang tidak divaksinasi kemungkinan akan mengalami gejala selama lima hari atau lebih, sementara mereka yang sudah divaksinasi lengkap mungkin hanya memiliki gejala selama satu atau dua hari.

Bukti awal dari para ilmuwan di Case Western Reserve University telah menemukan bahwa risiko dirawat di rumah sakit selama gelombang Omicron AS adalah sekitar setengah dari risiko selama ketinggian delta. Namun, itu masih mungkin terjadi, pada orang yang tidak divaksinasi.

"Pada orang yang tidak divaksinasi, omicron menyebabkan pneumonia. Mereka datang di unit gawat darurat dengan sesak napas karena pneumonia, seperti yang terjadi pada gelombang sebelumnya dan varian sebelumnya," kata O’Donnell.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210514 115440President Joe Biden melepas masker masker saat berbicara di depan media tentang upaya menangani pandemi Covid-19 usai bertemu dengan Dewan Penasihat Transisi COVID-19 di Wilmington, Delaware, 9 November 2020. Pada kesempatan kali ini Joe Biden memohon kepada orang Amerika untuk memakai masker di tengah pandemi. REUTERS/Jonathan Ernst

SitindaonNews.Com | Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada Kamis, 13 Mei 2021, menyatakan orang-orang yang telah mendapatkan dosis vaksin lengkap tidak perlu menggunakan masker di luar ruangan, juga di ruang tertutup di banyak tempat.

Saran itu menjadi pedoman terbaru, yang menurut CDC bakal memungkinkan kehidupan normal sudah bisa kembali berjalan.

CDC juga mengatakan penerima vaksin penuh tidak perlu menjaga jarak fisik di banyak tempat.

CDC berharap pedoman itu dapat mendorong lebih banyak warga Amerika untuk divaksin.

Panduan yang direvisi itu merupakan langkah besar menuju kehidupan sebelum pandemi.

Namun, CDC masih merekomendasikan orang-orang yang sudah divaksin untuk tetap memakai masker di dalam pesawat dan kereta api, di bandara, di pusat transit, transportasi umum, dan berbagai tempat lainnya seperti rumah sakit dan kantor dokter.

CDC mengatakan orang-orang penerima dosis vaksin lengkap harus tetap menggunakan masker di lokasi-lokasi yang diwajibkan oleh undang-undang federal, negara, daerah, kesukuan dan teritorial.

Mereka juga diharuskan mematuhi aturan-aturan yang dikeluarkan, misalnya dari bisnis setempat dan pedoman di tempat kerja.

Pada akhir April, CDC mengatakan bahwa mereka yang telah divaksin lengkap dapat mengikuti kegiatan di luar ruangan secara aman, seperti berjalan-jalan dan mendaki gunung tanpa penggunaan masker. Tetapi, mereka disarankan agar terus memakai masker di tempat-tempat umum yang mewajibkan penggunaannya.

Sumber: tempo.co

0
0
0
s2sdefault