fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200926 154544Ilustrasi olahraga 

SitindaonNews.Com | Penyakit jantung atau kardiovaskular, masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung telah memakan korban sebanyak 17,9 juta orang setiap tahunnya. Di Indonesia, penyakit jantung juga masih menjadi penyebab kematian tertinggi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan olahraga. Namun, beberapa kasus belakangan, di mana orang-orang yang diketahui rajin berolahraga malah meninggal karena penyakit jantung, membuat banyak orang jadi semakin malas untuk berolahraga.

Hidup Sehat Dengan Buah Segar Asli Indonesia oleh BUGARINDO

Screenshot 20200629 152107

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Vito Anggarino Damay, Sp. JP., M. Kes., FIHA., FICA., FAsCC, turut menyoroti hal ini. Menurutnya, orang yang memiliki riwayat penyakit jantung jika rajin berolahraga, harapan hidupnya jauh lebih besar dibanding yang tidak berolahraga.

"Karena kalau ada penyumbatan di pembuluh darah jantung misalnya, orang yang rajin olahraga tipe aerobik, maka dia punya jalan-jalan tikus banyak. Namanya pembuluh darah kolateral. Pembuluh darah yang tipis seperti rambut-rambut ini, bisa membantu mengaliri darah ke otot-otot jantung kita," ujarnya saat konferensi pers virtual Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Jumat, 25 September 2020.

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Lebih lanjut, dokter Vito menjelaskan, jika 'jalan protokolnya' tersumbat, maka pembuluh darah yang berbentuk menyerupai rambut-rambut atau 'jalan tikusnya' bisa sedikit membantu. Sehingga kemungkinan dapat bertahan hidupnya lebih tinggi.

"Dibanding kalau dia enggak pernah olahraga, tersumbat satu, tersumbat semua, makanya meninggalnya lebih tinggi risikonya. Tapi, kalau rajin olahraga, rajin sepedaan misalnya, maka dia kemungkinan punya pembuluh darah koloteral ini lebih besar," ungkap dia.

Salah satu presenter acara Hidup Sehat di tvOne itu turut menyarankan, hendaknya mengetahui kondisi tubuh saat akan berolahraga. Lakukan olahraga secara bertahap, jangan langsung olahraga dengan intensitas berat.

"Yang penting sudah berlatih, dan dia juga tahu bagaimana cara berlatih di awal. Kan enggak langsung seperti itu (berat). Semua enggak ada yang instan. Jadi, semua dibangun dengan kebiasaan hidup sehari-hari,” ucapnya.

“Kita enggak bisa hari ini baru pertama kali sepedaan, besok langsung mau sampai ke puncak, Kilometer Nol misalnya. Enggak bisa juga. Ada tahapannya,"tambah dokter Vito.

Sumber: viva.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20200731 070955Foto: Freepik/mrsiraphol  |  Ilustrasi daging kambing 

SitindaonNews.Com | Saat Idul Adha, olahan daging kambing tersedia di hampir semua meja makan keluarga. Namun, tidak sedikit dari masyarakat yang enggan untuk mengolah atau mengonsumsi olahan daging kambing dengan alasan kesehatan.

Perlu diketahui, daging kambing merupakan jenis daging merah yang lezat dan sehat selama memilih potongan yang tepat dan menyiapkannya dengan cara yang sehat. 

"Tidak perlu takut mengonsumsi daging kambing. Daging kambing memiliki kandungan protein baik, berbagai asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, mengandung berbagai vitamin dan mineral diantaranya zat besi, zinc, selenium, hingga vitamin B komplek," kata Spesialis Gizi Klinik, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi dalam program Hidup Sehat, tvOne, Kamis, 30 Juli 2020.

Untuk menjadikan daging kambing yang lebih sehat, penting untuk mengolahnya dengan tepat dan benar. Sebab kata dia, daging kambing tinggi lemak jenuh dan kolekstrol. 

"Jadi disarankan dibuat sop, jangan dibuat gulai, tongseng yang menambahkan santan saat proses (memasak). Sebab, hal tersebut akan tambah konsumsi lemak jenuh yang kita makan," jelas Feni. 

Selain itu, penting juga untuk mengatur jumlah konsumsi daging kambing agar tetap sehat. Dia menjelaskan, dalam sehari, konsumsi daging merah termasuk kambing maksimal adalah sebesar 100 hingga 110 gram. 

"Kalau sate 200-300 gram atau sekitar 3-4 tusuk sehari," jelas Feni.

Selain itu, dia juga menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saat mengonsumsi daging kambing. Selain mengandung antioksidan, sayu dan buah juga tinggi serat yang berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol. 

Sumber: viva.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200828 092821

Saat kamu akan meminang dan melamar seorang wanita yang kamu sayangi. Jangan lupa, bahwa dia adalah putri kecil kesayangan orang tuanya. Selama hidupnya dia selalu mendapatkan yang terbaik dari orang tuanya, dibahagiakan dan dicintai setulus hati.

oleh sebab itu, saat kamu akan memintanya untuk menjadi ratumu. pastikan pula kamu dapat menggantikan tugas dan tanggung jawab orang tuanya. Jangan sampai kamu melalaikan dengan dalih menerima apa adanya. Karena sudah jadi tanggung jawabmu membuatnya bahagia dan mencukupi segala kebutuhannya.

Lelaki, Ingatlah Wanita Yang Kamu Nikahi, Telah Dibesarkan Dengan Penuh Kasih Sayang Oleh Orang Tuanya. Dan Tugasmu Selanjutnya Meneruskan Kasih Sayang Dan Cinta Itu

Saat kamu menikahi seorang wanita. Maka sama saja kamu sudah siap bertanggung jawab sepenuhnya atas hidupnya. Bahkan bagi kamu yang paham agama, tugas dan kewajiban suami tidak hanya urusan dunia semata tapi juga akhirat nanti. Karena suami adalah tameng dosa istri dan keluarganya.

Sehingga, penuhi tugas dan tanggung jawab kamu dengan baik, dengan sebaik mungkin membahagiakan dan menjaganya. Bukan malah menyulitkannya bahkan ada beberapa kasus menikah untuk menjadikan istri sebagai babu gratisan.

Ajaklah Dia Untuk Berjuang Bersama, Untuk Membangun Keluarga Yang Samawa. Dengan Visi Dan Misimu, Juga Tekad Untuk Lebih Baik Di Masa Depan.

Meskipun harus merintis dari nol, saat kamu bersungguh sungguh dalam berjuang membahagiakan istrimu, maka semuanya pasti akan terlewati dengan baik dan sukses akhirnya. Dan kelak, meskipun sudah puluhan tahun bersama, jadikan rasa cinta selalu bersama.

Sumber: viva.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1595994716853Ilustrasi minum teh. Shutterstock.com

SitindaonNews.Com | Teh salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Sebagian besar orang bisa minum teh sebanyak 3-4 cangkir dalam satu hari. Jumlah ini diyakini aman dan tidak berisiko menimbulkan efek samping. 

Namun toleransi masing-masing individu dapat berbeda terkait jumlah cangkir teh yang aman. Sebab, efek samping teh bisa saja dirasakan walau pada asupan yang rendah. Apa saja efek samping tersebut?

Berikut efek samping minum teh jika berlebihan

1. Mengganggu penyerapan zat besi

Teh mengandung kelompok senyawa yang disebut tanin. Senyawa yang kita konsumsi berisiko berikatan dengan zat besi memicu gangguan penyerapan mineral penting ini di dalam saluran pencernaan. Apabila penyerapannya terganggu, teh dapat menimbulkan bahaya berupa defisiensi zat besi.

Tanin dalam teh disebutkan lebih berisiko mengganggu penyerapan zat besi dibandingkan dengan tanin dalam makanan hewani. Untuk menghindari risiko ini, Anda bisa mengonsumsi teh bukan saat pada jam-jam makan agar zat besi dari makanan tetap terserap dengan baik oleh tubuh.

BUGARINDO - Hidup Sehat dengan Buah Segar Lokal Indonesia 

IMG 20200729 111433

2. Mual

Tanin dalam teh tak hanya berisiko mengganggu penyerapan zat besi. Senyawa tersebut juga memiliki sifat yang berisiko mengiritasi jaringan organ-organ pencernaan. Apabila berlebihan, teh akan memicu gejala berupa sakit perut dan mual. Tiap-tiap orang juga memiliki toleransi yang berbeda terhadap efek samping teh ini. Pada orang yang sensitif, 1-2 cangkir teh terkadang sudah dapat memicu mual atau sakit perut.

Risiko bahaya minum teh di atas bisa diakali dengan menambahkan sedikit susu. Tanin dapat berikatan dengan protein dan karbohidrat sehingga mengurangi risiko iritasi pada organ pencernaan.

3. Rasa cemas, gelisah, dan stres

Kita sering menyesap secangkir teh hangat untuk menenangkan diri. Namun, teh tetaplah seperti kopi yang mengandung kafein. Berlebihan dalam konsumsi kafein, termasuk dari teh, dapat menimbulkan efek samping berupa rasa cemas, stres, dan gelisah.

Rata-rata secangkir teh mengandung 11-61 mg kafein, tergantung jenis teh yang kita minum. Konsumsi kafein di bawah 200 mg sehari berisiko lebih kecil menimbulkan rasa cemas tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa sensitivitas masing-masing orang terhadap kafein dapat berbeda.

4. Susah tidur

Kafein dalam teh tak hanya berisiko memicu rasa cemas dan gelisah. Jika dikonsumsi berlebihan, bahaya teh lainnya adalah susah tidur karena kandungan kafeinnya. Sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Risk Management and Healthcare Policy menyebutkan, kafein dapat menghambat produksi hormon tidur atau hormon melatonin. Kurang tidur juga dapat memicu bahaya lain bagi tubuh, seperti kelelahan, gangguan memori, bahkan obesitas.

5. Heartburn

Heartburn adalah sensasi perih dan terbakar di dada yang bisa terjadi karena naiknya isi lambung ke kerongkongan. Heartburn pun berisiko menjadi efek samping teh pada beberapa orang apabila konsumsinya berlebihan. Efek ini juga disebabkan oleh kafein karena senyawa ini dapat memicu isi lambung yang asam naik lebih mudah menuju kerongkongan.

Kafein juga berisiko merangsang produksi total asam lambung. Apabila Anda terus mengalami heartburn seiring juga terlalu banyak meminum teh, maka mengurangi minuman ini sangat disarankan.

6. Komplikasi kehamilan

Kelebihan kafein dari teh juga berisiko menimbulkan masalah pada kehamilan, seperti keguguran dan berat bayi baru lahir yang rendah. Walau riset terkait efek samping teh ini masih bercampur, konsumsi teh pada ibu hamil tidak lebih dari 3 cangkir per hari.

Anda sangat dianjurkan untuk berdiskusi dengan dokter jika ingin menyesap teh selama kehamilan. Begitu pula jika ingin mengganti teh biasa dengan rebusan-rebusan herbal tertentu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

7. Sakit kepala dan pusing

Secangkir teh di pagi hari membantu membuat diri lebih bersemangat menyambut hari. Namun, apabila berlebihan, kafein dalam teh dapat menjadi bumerang dan menimbulkan sakit kepala dan pusing. Efek samping teh ini juga dapat bervariasi bagi beberapa orang. Misalnya, sebagian individu boleh jadi merasa sakit kepala walau hanya mengonsumsi 100 mg kafein. Apabila Anda banyak minum teh dalam satu hari dan sering merasa pusing atau sakit kepala, maka mengurangkan konsumsi teh sangat disarankan. 

8. Ketergantungan terhadap kafein

Tak hanya konsumsi kopi yang menimbulkan seseorang ketergantungan terhadap kafein. Sebagai stimulan, kafein dalam teh juga berisiko menimbulkan efek samping ketergantungan dan menimbulkan gejala jika Anda tidak mengonsumsinya. Gejala henti kafein dapat beragam, seperti sakit kepala, lekas marah, dan rasa lelah. Peningkatan detak jantung juga dapat menjadi gejala henti kafein.

Sumber: cantika.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20200805 125750

SitindaonNews.Com | Pilek ternyata tidak hanya terjadi di hidung tetapi juga di organ intim luar atau alat kelamin luar dan hal itu menjadi salah satu kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebut Gonore (GO).

"Terjadi pilek tetapi bukan dari organ hidung tetapi dari saluran kemihnya," ujar dokter spesialis kulit dan kelamin, Anthony Handoko dalam virtual media briefing "Gonore (GO): Mungkinkah 'pilek' pada alat kelamin sembuh?", Rabu.

Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri infeksi Neisseria Gonorrhoeae dan dapat menular dari orang ke orang ketika melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi atau melakukan kontak dengan cairan tubuh mereka, baik secara vaginal maupun anal.

Anthony yang juga CEO Klinik Pramudia itu mengatakan, tanda atau gejala yang bisa dikenali yakni keluarnya nanah dari organ genital dan muncul rasa sakit saat berkemih. Gejala ini biasanya lebih sering dialami pria ketimbang wanita.

"GO bergejala hanya pada laki-laki, karena secara anatomis laki-laki punya saluran kemih lebih panjang dari kandung kemih sampai penis. Kuman GO akan merusak selaput lendir di saluran itu, akibatnya memungkinkan kelarnya nanah dan itu terlihat. Pada wanita saluran kemih sangat pendek, gejala tidak terlalu nyata," kata dia.

"Keluar nanah, seperti ingus makanya disebut pilek. warnanya putih kehijauan. Akibat nanah, saluran (kemih) tersebut menjadi mampet, saat berkemih ada dorongan air seni, (sehingga) saat kencing rasanya sakit. Ujung penisnya atau lubang kemih akan lebih merah dan bengkak," sambung Anthony.

Lebih lanjut, nanah yang keluar dari organ genital biasanya akan menimbulkan bercak salah satunya di celana dalam dan ini bisa menjadi bagian dari diagnosis dokter. Bercak bisa berwarna putih kekuningan hingga cokelat karena ada bekas darah di sana.

Selain pemeriksaan klinis, diagnosis GO juga bisa berdasarkan pemeriksaan gram dan kultur.

Menurut Anthony, faktor risiko GO antara lain mereka yang berusia produktif (15-49 tahun) memiliki perilaku seksual aktif yang tidak aman, mengobati diri sendiri dengan membeli obat yang tanpa anjuran dokter, sehingga mengalami masa inkubasi yang pendek.

GO bisa disembuhkan namun tetap memiliki risiko berbahaya jika tidak diobati. GO yang tidak terdiagnosis dan tidak mendapat pengobatan secara benar dapat menyebabkan komplikasi dari ringan hingga berat.

Berdasarkan lokasi anatomis, komplikasi GO dapat terjadi pada genital dan sekitarnya (seperti saluran kemih, panggul dan kandungan) dan ekstra genital (faring/saluran menelan, selaput lendir mata/konjungtiva, sendi).

Infeksi GO berat dan lanjut pada wanita misalnya, bahkan dapat menyebabkan penularan infeksi GO ke bayi saat proses melahirkan dan infertilitas (kemandulan). Infertilitas pun bisa terjadi jika GO terjadi pada pria.

Anthony menyarankan, orang-orang dengan gejala GO sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan pengobatan.

Sumber: antaranews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200726 152324Foto: YouTube/Facebook Freddie Figgers

SitindaonNews.Com | Seorang CEO bernama Freddie Figgers disebut sebagai Batman atau Iron Man di dunia nyata. Pasalnya bukan hanya seorang inventor kaya, ia juga dermawan yang suka membantu sesama. Tak disangka pria muda yang memimpin sebuah perusahaan komputer ini pernah dibuang ketika kecil. Saat bayi ia ditinggal di tempat sampah sebelum ditemukan dan diadopsi sebuah keluarga.

Freddie Figgers adalah CEO Figgers Communication, perusahaan senilai USD 63 juta (Rp 922 miliaran) yang mulai dirintisnya sejak remaja. Freddie yang sudah jago memperbaiki komputer di usia sembilan tahun ini pun memiliki empat paten dan menjadi salah satu pemimpin telekomunikasi termuda. Di balik kesuksesannya, ternyata Freddie punya kisah hidup yang ironi. Pernah jadi anak yang dibuang, kini ia pun membuktikan bahwa bakat, ketekunan, dan kedisiplinan membuatnya bisa jadi seseorang.

Freddie FiggersFreddie Figgers Foto: YouTube/Facebook Freddie Figgers

Dilansir Boredpanda, Freddie yang lahir di Quincy, Florida ini ditinggal oleh ibunya di sebuah tempat sampah setelah dilahirkan. Dua hari kemudian ia diadopsi oleh pasangan Nathan dan Betty Figgers. Sejak kecil, Freddie pun sudah menunjukkan keistimewaan. Di usia sembilan tahun, ia sudah bisa membetulkan komputer dan mulai bekerja. Ia pun resmi menjadi teknisi komputer di umur 12. Lalu ketika berusia 15, Freddie mulai membangun perusahaan komputernya.

Salah satu temuan mengagumkan untuk anak 15 tahun yang juga menjadi awal kesuksesan Freddie adalah sepatu dengan GPS pelacak dan alat komunikasi dua arah. Temuan itu berawal dari ayah angkatnya yang mengalami Alzheimer dan kadang sulit menjelaskan keberadaannya.

Freddie FiggersFreddie Figgers Foto: YouTube/Facebook Freddie Figgers

"Aku bisa menelepon dan berkata, 'Hai ayah ada di mana?' dan dia tidak perlu melakukan apa-apa selain menunduk dan bicara pada sepatunya lalu aku bisa melacak lokasinya. Itu program yang sangat sukses dan sebuah perusahaan menghubungiku dari Kansas lalu mereka membeli program itu untuk USD 2,2 juta (Rp 32 miliaran)," katanya.

Setahun kemudian, pria yang kini berusia 30 tahun itu menggunakan uang tersebut untuk mendanai Figgers Communication. Dan di usia 24, Freddie sudah membangun dan mendesain 80 program software.

Freddie FiggersFreddie Figgers Foto: YouTube/Facebook Freddie Figgers

Kesuksesan bukan satu-satunya hal yang bisa dibanggakan dari pria ini. Freddie juga dikenal aktif dalam memberi bantuan dana dan menjadi panutan aktif dalam komunitasnya dengan mensponsori program-program anak muda, memberi beasiswa, menolong orang-orang tua, hingga membantu jaminan rumah yang hampir disita.

"Aku percaya pada mengubah rasa kepedulian menjadi aksi dan jika kamu melihat sebuah masalah, cari solusinya untuk memberi dampak agar mengubah hidup seseorang. Aku ingin memberi dampak pada dunia ini dan mengubah hari ini menjadi hari esok yang lebih baik karena uang adalah bukan apa-apa selain sebuah alat tapi dengan alat tersebut kita bisa memberi dampak dan mengubah hidup orang sehari-hari dengan memberi mereka kesempatan," kata Freddie.

Sumber: detik.com/wolipop

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1596596023523Ilustrasi omelet telur. Pexels.com

SitindaonNews.Com |  - Screentime atau waktu melihat layar jadi topik yang banyak dibicarakan ketika anak-anak mulai menjalani proses pembelajaran jarak jauh secara online. Itu belum termasuk waktu menonton televisi atau bermain game. Jadi, jangan heran jika banyak orang tua yang khawatir dengan kesehatan mata anak.


Kabar baiknya, ada banyak makanan yang mengandung nutrisi baik buat mata. Berikut adalah daftar lima makanan yang harus Anda sertakan dalam diet anak Anda agar mata sehat, seperti dilansir Times of India.

1. Keju dan telur

Kedua makanan ini kaya akan vitamin A yang dikenal bagus untuk kesehatan mata. Kuning telur kaya akan lutein yang juga baik untuk kesehatan mata. Agar anak mau memakan keduanya, buat omelet dengan sisi kuning cerah di bagian atas, lalu tambahkan keju di atasnya.

2. Ikan

Ikan termasuk salmon dan sarden adalah sumber asam lemak omega 3. Anda dapat mencoba menghidangkan ikan dalam berbagai bentuk menarik dan menambahkan keripik di sisinya.

3. Cokelat almond

Hampir semua anak suka cokelat. Agar tambah bernutrisi, pasangkan dengan kacang almond yang kaya akan vitamin E. Anda bisa memberikannya sebagai sarapan atau sebagai camilan siang hari.

4. Sayuran

Sayuran mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan anak, termasuk vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Semua nutrisi ini baik untuk mata dan kesejahteraan secara keseluruhan.

5. Buah

Sebagian besar anak suka makan buah-buahan musim panas seperti mangga. Buah-buahan ini kaya akan vitamin A. Jadi, ketika anak Anda meminta camilan, beri mereka semangkuk buah musiman yang segar dan manis.

Sumber: tempo.co

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20200720 091249

 

SitindaonNews.Com | Anak usia di bawah satu tahun sebaiknya tak diberi madu karena bisa mendapatkan risiko berbahaya, menurut dokter spesialis anak di RS Pondok Indah Bintaro, Robert Soetandio.

"Pemberian madu di bawah satu tahun tidak boleh, ditakutkan ada kontaminasi Clostridium botulinum," kata dia via daring, Minggu sore.

Clostridium botulinum yang salah satunya ditemukan di dalam madu bisa menghasilkan neurotoksin yang berbahaya di dalam tubuh atau memunculkan kondisi yang disebut botulisme.

Laman Healtline mencatat, botulisme adalah kondisi serius yang salah satunya bisa berujung kematian dan anak terutama di bawah usia enam bulan berada pada risiko tertinggi.

Gejala botulisme yang paling umum meliputi kelemahan, sulit makan, sembelit, lesu, anak bisa sulit bernapas dan beberapa bahkan bisa mengalami kejang.

Gejala ini biasanya muncul dalam 12-36 jam setelah makan makanan yang terkontaminasi bakteri Clostridium. Namun, beberapa anak dengan botulisme mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda sampai 14 hari setelah paparan.

"Jadi (madu sebaiknya) ditunda dulu sampai (anak) berusia setahun ke atas, rasa manis bisa dari yang lain seperti pepaya," demikian kata Robert.

Sumber: antaranews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200803 110920

SitindaonNews.Com | Siapa yang tidak suka dengan alpukat? Bukan hanya lezat rasanya, buah alpukat diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Melansir Eatingwell, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah tinggi. Asam lemak tak jenuh tunggal ini bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sajian minuman berbahan alpukat, bisa kamu pilih sebagai alternatif minuman penurun kolesterol. Berikut ini resep jus alpukat susu kedelai dari Sajian Sedap.

Resep jus alpukat susu kedelai

Bahan:

  • 2 buah alpukat, ambil dagingnya
  • 300 ml susu kedelai dingin
  • 25 gram gula pasir
  • 250 gram es batu
  • 1 sendok teh cokelat bubuk untuk taburan

Cara membuat jus alpukat susu kedelai 

1. Siapkan semua bahan dan blender.

2. Masukkan alpukat, susu kedelai, gula dan es batu ke dalam blender. Nyalakan blender, campur sampai semua bahan menjadi lembut.

3. Matikan blender lalu sajikan jus di dalam gelas. Tambahkan taburan cokelat bubuk di atasnya.

Jus alpukat susu kedelai pun siap disajikan sebagai pendamping setelah makan olahan daging kambing.

Sumber: kompas.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1594444050003

SitindaonNews.Com | Jakarta (ANTARA) - Mengetahui kematangan alpukat hanya dari warna kulitnya itu gampang-gampang susah. Ada kalanya daging alpukat ternyata sudah masak meski kulitnya masih hijau. Tak perlu bingung untuk menebak kematangan buah alpukat.

Mixologist Kenny Soetomo berbagi kiat mengetahui kematangan alpukat secara mudah.

National Runner-Up pada World Class Indonesia Cocktail Competition 2016 ini menyarankan untuk melihat lubang di bagian ujung alpukat yang tersambung dengan tangkai.

"Kalau warnanya gelap tua, artinya sudah matang," kata Kenny dalam kelas virtual, Kamis (9/7).

Jika warna dalam lingkaran itu masih terang, berarti alpukat tersebut masih terlalu muda.

Pemenang Australian National Suntory Cocktail Connoisseur 2014 ini menyarankan untuk segera mengonsumsi alpukat yang ujungnya sudah kecokelatan pada hari yang sama. Sebab, jika telah melewati titik tersebut, alpukat bisa menjadi busuk.

Kenny juga memberi saran seputar cara menyimpan alpukat. Sebaiknya simpan di suhu ruangan dan masukkan ke dalam kantong kertas jika ingin membuatnya cepat masak.

Alpukat punya banyak kegunaan bagi tubuh. Buah yang mengandung potasium ini tinggi lemak sehat, dapat membantu menyehatkan kulit, menurunkan tekanan darah dan menjaga kulit agar tetap lembut.

Berdasarkan studi dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research, alpukat memiliki senyawa khusus yang membantu menghentikan proses seluler yang biasanya mengarah pada perkembangan diabetes.

Alpukat bisa disantap langsung, ditambahkan ke dalam menu sarapan, atau dinikmati sebagai jus dan smoothie.

Sumber: antaranews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20200801 174807AP/VOA  |  Penyuntikan Vaksin (ilustrasi). Dokter dan guru di Rusia akan menjadi orang pertama yang divaksin Covid-19.

SitindaonNews.Com | Rusia sedang mempersiapkan untuk memulai vaksinasi massal Covid-19 pada Oktober. Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan pada media pemerintah RIA, Sabtu (1/8), bahwa dokter dan guru akan menjadi orang pertama yang divaksinasi. Ia tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai vaksin yang akan digunakan.

Potensi vaksin Covid-19 pertama Rusia, yang dikembangkan oleh fasilitas penelitian negara, akan mendapatkan persetujuan peraturan lokal pada Agustus. Vaksin akan diberikan kepada petugas kesehatan segera setelah itu.

Dilansir The Moscow Times pada Sabtu (1/8) disebutkan Rusia mengonfirmasi 5.462 infeksi virus corona pada Sabtu sehingga jumlah kasus resmi negara menjadi 845.443. Selama 24 jam terakhir, 95 orang telah meninggal, sehingga total korban menjadi 14.058, angka yang jauh lebih rendah daripada di banyak negara lain yang dilanda pandemi. Sebanyak 8.114 orang pulih dalam 24 jam terakhir.

Jumlah kasus baru tertinggi adalah di Moskow, wilayah Siberia barat Khanty-Mansiysk, dan Sverdlovsk di Ural. Tingkat kematian Rusia tetap rendah dibandingkan dengan negara-negara lain yang dilanda terburuk. Ini meningkatkan spekulasi bahwa lebih banyak kasus yang tidak dilaporkan.

Pihak berwenang Rusia mulai melonggarkan langkah-langkah anti-virus pada Juni menjelang parade militer besar-besaran Perang Dunia II di Moskow dan pemungutan suara nasional mengenai reformasi konstitusi yang sekarang memungkinkan Presiden Vladimir Putin untuk tetap berkuasa hingga 2036. Kedua acara ini awalnya ditunda karena epidemi.

Moskow berencana untuk membuka bioskop dan teater pada 1 Agustus. Di ibu kota, masker wajib di toko-toko dan di angkutan umum tetapi tidak di jalan-jalan. 

Beberapa institut di Rusia sedang mengerjakan vaksin virus corona. Pekan lalu Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan telah mengembangkan vaksin aman setelah uji klinis terhadap sekelompok sukarelawan. Uji coba sedang berlangsung dan Kementerian Pertahanan berharap uji klinis akan sepenuhnya selesai dalam beberapa pekan mendatang.

Sumber: republika.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1594433487363

SitindaonNews.Com | Jakarta (ANTARA) - Penderita diabetes dilarang untuk berolahraga agar tidak semakin memperparah penyakitnya, benarkah demikian?

Beberapa informasi menyebutkan bahwa orang dengan penyakit diabetes tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, namun menurut pakar penyakit diabetes, dr. Dante Saksono, Sp.PD., Ph.D., KEMD hal tersebut tidaklah benar.

dr. Dante menyatakan olahraga dapat membantu insulin bekerja lebih baik, dengan begitu gula darah bisa lebih turun.

"Tapi ada tipsnya, jangan minum obat yang bisa menurunkan gula darah sebelum olahraga. Kalau dia minum obat diabetes sebelum olahraga terus dia enggak makan, maka gula darah akan drop. Tapi kalau dia minum obat sesudah olahraga, sebelum makan itu yang benar," ujar dr. Dante dalam bincang-bincang daring Tropicana Slim, Jumat.

Menurut dr. Dante, olahraga dapat berfungsi untuk menurunkan dosis obat pasein diabetes. Misalnya, seorang pasien biasa mengkonsumsi obat 2 mg, dengan berolahraga dosisnya bisa berkurang menjadi 1 mg saja. Hal tersebut terjadi karena insulin yang diproduksi jadi lebih sensitif.

"Keuntungannya olahraga bisa mengurangi komplikasi yang timbul akibat diabetesnya. Orangnya akan lebih sehat, sirkulasi jantungnya lebih bagus, sirkulasi darah di kakinya lebih bagus, pembuluh darahnya lebih bagus dengan olahraga," jelas dr. Dante.

"Tapi ada juga yang harus diperhatikan. Kalau gula darahnya terlalu tinggi atau di atas 300 dari batas normal, ia tidak diperkenankan berolahraga. Jadi apa yang harus dilakukan, cek gula darah dulu, jangan minum obat sebelum olahraga," lanjutnya.

dr. Dante mengatakan olahraga apapun boleh dilakukan oleh penderita diabetes, asalkan dikerjakan dengan senang hati. Sebab hal ini akan berpengaruh pada kontinuitas seseorang untuk menjalaninya setiap hari.

"Olahraga yang bagus itu yang ia senang, kalau ia senang ia akan semangat dan melakukannya secara rutin. Tapi kalau yang bagus itu HIIT (high intensity interval training) dengan melakukan speed intensity yang keras terus slow lagi dan ini udah ada penelitiannya bisa menurunkan gula darah 30-40 persen," kata dr. Dante.

Sumber: antaranews.com

0
0
0
s2sdefault