fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200224 070309Ist

SitindaonNews.Com | Kalau Finlandia punya pulau khusus wanita yang diharamkan untuk para pria, di Jepang kamu bisa menemukan hal sebaliknya.

Bernama Pulau Okinoshima, pulau ini punya larangan yang unik, yaitu pulau ini haram hukumnya dikunjungi oleh para wanita. Pria yang datang ke pulau itu harus mandi bugil terlebih dulu.

Pulau yang terletak di Prefektur Fukuoka, Jepang, ini memiliki tradisi turun menurun yang masih dipertahankan. Larangan gender tersebut ternyata sudah berlangsung sejak lama.

Pulau Okinoshima menjadi tempat pelaksanaan ritual agama Shintou untuk memperoleh keselamatan. Pulau ini juga dianggap bersejarah karena jadi saksi hubungan China dan Korea sejak abad ke-4.

Konon menurut cerita yang ada, jika seorang wanita nekat mendatangi pulau itu dan mendekati sebuah kuil bernama Munakata Taisha Okitsumiya, maka wanita itu bisa berubah menjadi batu.

Kuil Munakata Taisha Okitsumiya sendiri sudah ada sejak abad ke-17. Saat itu, dibangunnya kuil tersebut untuk mendoakan keselamatan para pelaut.

Mengutip The Guardian, pulau seluas 700 meter persegi beserta tiga terumbu karang di sekitarnya, dinyatakan masuk daftar situs warisan dunia PBB dalam pertemuan tahunan Unesco di Krakow, Polandia, akhir pekan lalu. Total ada 21 situs warisan dunia di Jepang saat ini.

Pulau ini dianggap memiliki sejarah panjang dan unik. Sejak abad ke-17 pulau ini tetap menerapkan peraturan larangan masuk untuk wanita, hanya pria.

Para pria juga tidak bisa sembarangan masuk ke pulau ini. Sebelum tiba di pantai, mereka harus melakukan ritual dengan menanggalkan pakaiannya dan harus mandi di laut untuk membersihkan diri. Mereka juga dilarang membawa kenang-kenangan apapun dari pulau itu, seperti ranting, bebatuan, atau rumput sekalipun.

Sampai sekarang, belum diketahui secara pasti alasan wanita tidak boleh memasuki pulau tersebut. Namun, diduga karena darah menstruasi wanita dikhawatirkan akan mengotori pulau tersebut.

Di pulau itu juga banyak tersimpan harta karun berupa artefak kuno di zaman sejak perdagangan internasional bermula. Sekitar 80 ribu benda harta karun ditemukan dari pulau itu, seperti cermin dari zaman dinasti Wei di China hingga mangkuk dari Persia.

Pulau Okinoshima bisa dibilang sebagai sebuah pulau yang sangat sakral. Bahkan saking sakralnya, pulau tersebut hanya boleh disambangi sekali dalam setahun, tepatnya setiap tanggal 27 Mei saja. Itu pun jumlah pengunjungnya dibatasi hanya untuk 200 orang.

Tanggal itu dipilih untuk mengenakan para prajurit Jepang yang tewas pada saat perang Laut Jepang tahun 1905 lalu.

Sumber: caping.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault
ilustrasi cake pop (Thinkstock/Nataliia Pyzhova)
Jakarta, SitindaonNews.com -- Bosan dengan hadiah Valentine berupa cokelat batangan yang itu-itu saja? Kreasi cokelat bertajuk Cake Pop ini bisa jadi pilihan.

Cake pop merupakan olahan cokelat yang dibuat dengan sederhana dan cara yang mudah. Dengan tambahan rasa sayang dan ketulusan hati, cake pop tentu bakal lebih spesial ketimbang cokelat batangan biasa.
0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault
Wisatawan di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, SitindaonNews.com -- Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata andalan Provinsi Jawa Timur. Gunung yang medannya berupa lembah, ngarai, dan kaldera lautan pasir ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung berapi yang masih aktif ini memiliki banyak pesona. Momen matahari terbit dan terbenam menjadi waktu paling populer untuk mengunjungi Gunung Bromo.

Untuk bisa menikmati keindahannya, turis bisa mendatangi puncak Gunung Bromo melalui empat jalur utama, berikut seperti yang dikutip dari situs Pesona Indonesia:
0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Hasil gambar untuk gunung"
Apakah kamu masih ingat gunung yang pertama kamu daki❓

Apakah kamu ingat bagaimana rasanya❓

Apakah kamu ingat bagaimana perasaan teman satu tim❓'

Jakarta, SitindaonNews.com - Gunung yang pertama kali kudaki adalah Gunung Cikuray via Pemancar, akhir Semester kuliah diajak teman sekitar 2012 / 2013. Jatuh cinta pada pandangan pertamaku kepada gunung. Negeri diatas awan. Berada diatas samudera awan ketika berdiri di puncak cikuray memegang bendera Indonesia. Berbagi tawa dengan teman mengagumi indahnya alam Indonesia 🇮🇩

Aku dan gunung, beberapa bulan setelahnya merupakan kumpulan samar-samar dari rutinitas stasiun KA, shelter, puncak, samudera awan yang indah 🏔

Mari sama-sama jujur.
Kecanduan naik gunung…
Keinginan mendaki setiap minggu

Ketika teman mengajak mendaki.
Ketika berkunjung ke toko outdoor.
Ketika scroll Instagram.
Ketika tidur.
Ketika ada hari libur terjepit.

Kemanapun kamu pergi, apapun yang kamu lakukan selalu terbersit bagaimana mencuri waktu di sela kesibukan untuk bercumbu lagi dengan ketinggian.
Bukan mengenai bahwa itu hanyalah sebuah gunung.
Tapi kamu tahu ada lebih dari sekedar gunung di setiap pendakian

Lalu hal tersebut terjadi...
Ketika aku berdua dengan teman turun dari puncak Kerinci tahun 2015. Kami berdua menantang kerinci. Tersesat tidak tau jalan pulang di malam yag mencekam itu. Jalan lebih lama dari yang seharusnya, kekurangan makanan dan air. Kami benar-benar putus asa, kelelahan dan ketakutan. Saat itu merupakan titik balik. Ada sesuatu yang salah

Aku berjanji belajar semua hal tentang pendakian. Terasa aneh awalnya, tapi entah kenapa semua berjalan tanpa henti. Hingga tidak sadar, akhirnya aku ikut pelatihan survival oleh salah satu komunitas.

Mengamati bahwa kurangnya referensi pendakian dalam bahasa Indonesia. Ide impulsive terlintas, kenapa tidak bikin sendiri sumber tersebut? Sesimple translate dari bahasa inggris ke Indonesia yang dicampur pengalaman sendiri lalu digabung ilmu dari mentor, ditransfer kepada yang membutuhkan

Jadi pada dasarnya, aku hanya messenger . Karena quote dari film "Into the Wild" berkata kebahagiaan hanya akan nyata jika dibagikan. Ilmu yang kudapat dari semua buku yang kubeli, pelatihan yang kuikuti, ratusan jam yang kuhabiskan mempelajari semua referensi, aku tuangkan dalam 60++ video. Semua itu aku bagikan FREE

Yakin dibagikan FREE?
Yup, karena aku senang dengan gunung.
Selain itu kenapa FREE karena, gak salah kan aku ingin narsis? 😆

Jadi apa yang kamu harapkan setelah menonton video ini❓
🔹Kamu bahagia. Orang yang kamu sayangi bahagia. Dan itu di gunung
🔹Yang ingin menghindari kuku jempol lepas setiap turun pendakian
🔹Yang ingin cari bahan baru buat modus gebetan
🔹60++ Video kumpulan tips dan trik pendakian bisa kamu putar kapanpun dan dimanapun
🔹Mengurangi jumlah kecelakaan di gunung

Untuk siapa video kumpulan tips dan trik video pendakian ini? ✅
🔸Orang yang tidak mencari entertainment, tapi edukasi pendakian (selain itu aku juga bukan entertainer)
🔸Yang ingin mencari referensi pendakian bahasa Indonesia
🔸Orang yang senang berbagi cerita tentang indahnya alam Indonesia.
🔸Yang gak ingin tersesat di Kerinci, gunung tertinggi kedua di Indonesia, di malam hari yang mencekam
🔸Yang ingin Konten dan feed cakep. (dan kamu harus selamat utk membagikannya bukan?)

Jangan menunggu nanti untuk membahagiakan orang yang kita sayangi ❣ Selagi kita punya waktu, cara dan resource. Berikan kenangan yang terbaik untuk dirimu dan orang yang kamu sayangi
Kebahagiaan hanya akan nyata jika dibagikan
Bagi kamu yang membaca hingga akhir dan menemukan ini baik untuk temanmu. Kamu tau kan apa yang harus dilakukan selanjutnya⁉

Bagikan ini ke temanmu

------------------------------------
Klik link utk videonya ⬇

https://www.youtube.com/playlist?list=PLrl6mHTn8bGsimeekMEWOIBh5WQAeHI9i

0
0
0
s2sdefault