fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210110 223942

Pak Sulaiman adalah guru honorer dan pendeta di Desa Wamerek, nun jauh di pedalaman pegunungan tengah, Lembah Baliem, Wamena.

[Cerita dari surga kecil yang jatuh ke bumi] https://t.co/FQmQD5MJiX

Saya menumpang satu malam di rumahnya yang sangat sederhana, perpaduan bangunan semi permanen dan honai, setelah berjalan kaki selama lima jam dari titik terakhir yang bisa diakses kendaraan.

Beliau sudah puluhan tahun menjadi guru honorer. Bisa dikatakan beliau menjadi satu satunya tenaga pengajar bagi anak didiknya, karena kepala sekolah dan guru PNS tinggal di kota. Mereka hanya datang sebulan sekali, di awal bulan atau saat ujian.

Bagi saya itu tidak adil. Tapi dari gesture dan raut mukanya, tidak sedikitpun beliau menampakkan keluhan terhadap sikap atasan dan rekan kerjanya.

Beliau satu satunya orang di kampungnya yang berhasil menyelesaikan pendidikan hingga sarjana, berkat dukungan missionaris dan tekad kuat mendidik anak anak Lembah Baliem agar bisa setara dengan anak anak daerah lain yang lebih maju.

Beliau sangat mencintai pekerjaannya. Setiap sore banyak anak yang berkumpul diberanda rumahnya untuk membaca buku dan belajar membaca atau berhitung, diluar jam sekolah.

Ketika saya tanya apakah gaji sebagai honorer cukup untuk kebutuhan rumah tangganya, beliau menjawab lebih dari cukup. Karena sebenarnya beliau tidak harus menjadi guru honorer jika hanya untuk memenuhi rumah tangganya.

Ladang dan kebun sudah memenuhi semua kebutuhan rumah tangganya. Menjadi guru honorer adalah bentuk pelayanannya terhadap Tuhan, sebagaimana beliau memimpin jemaatnya di setiap ibadah hari Minggu.

-end-

Oleh: Daniel Leonard Sinaga

Sumber: Twitter @daniellsinaga

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

FB IMG 1609589784054

KISAH GUS DUR DI BULAN DESEMBER

Di ujung Desember yang dingin, seorang anak muda menemui Gus Dur. Penuh percaya diri, pemuda ini menantang Gus Dur.

"Gus, kalau sampeyan bener-bener wali, lipatgandakan uang ini agar bisa kupakai sampai seminggu," katanya sembari menunjuk uang Rp. 10.000.

Sejenak terdiam, Gus Dur kemudian menjawab,

"Bukan hanya seminggu, tapi uang ini bisa kamu pakai setahun," ujar Gus Dur.

Dengan wajah penasaran, pemuda ini bertanya, "Bagaimana caranya Gus?".

Datar Gus Dur menjawab, "Gampang! Belikan saja kalender baru".

SELAMAT TAHUN BARU 2021

LOVE for ALL
HATRED for NONE
Keep SAFE and stay HOPEFUL

 

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3856917734399583&id=803774136380640

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20201008 133731Cukup Taruh Tisu Basah ke dalam Mesin Cuci, Hal Tak Terduga Ini Bisa Terjadi pada Pakaian Kita

SitindaonNews.Com | Mencuci pakaian  pakaian merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang tak bisa dihindari setiap harinya.

Rata-rata orang menghabiskan waktu skitar 4 jam setiap minggu untuk mencuci pakaian.

Mesin cuci memang bisa membantu kita dalam mencuci pakaian.

Namun, kita bisa meningkatkan hasil pencucian dan menghemat banyak waktu hanya dengan satu trik sederhana.

Cara ini pasti akan berguna jika Sahabat NOVA memiliki hewan peliharaan atau memiliki banyak pakaian berwarna gelap.

Caranya, kita cukup memasukkan tisu basah ke dalam mesin cuci saat hendak mencuci pakaian.

Jika trik itu dilakukan, Sahabat NOVA akan terkejut melihat hasilnya.

Untuk melakukan trik itu, perhatikan 5 hal berikut ini, ya.

1. Tidak ada lagi serat di pakaian

Tisu basah bisa membantu menghilangkan serat dan rambut dari pakaian kita.

Tisu basah bertindak sebagai penyerap yang membersihkan potongan-potongan kecil kain, bulu, dan rambut.

Semua partikel ini berakhir di tisu basah dan, akibatnya, pakaian terlihat jauh lebih bersih dan kita tidak perlu mengumpulkan sendiri semua kotoran tersebut dari pakaian.

2. Bagaimana caranya?

Masukkan tidak lebih dari 3 tisu basah ke dalam mesin cuci.

Saat mesin cuci mulai berputar, tisu akan bercampur dengan pakaian dan mengumpulkan rambut dan bulu.

Sebaiknya gunakan tisu basah yang baru untuk setiap pencucian agar bisa melihat hasil yang memuaskan.

3. Pastikan tisu basah cukup padat

Tisu basah harus cukup kuat agar tidak robek di dalam mesin.

Untuk mengujinnya, Sahabat NOVA bisa mencoba merobeknya menjadi potongan-potongan terlebih dahulu.

Jika kita tidak bisa melakukannya, tisu basah tersebut sudah cukup kuat untuk digunakan.

4. Jangan pakai tisu kertas dan kain

Jangan mencoba mengganti tisu basah dengan kertas atau kain.

Karena kertas tidak cukup kuat, kita malah harus membersihkan potongan kertas kecil dari pakaian kita.

Kain juga tidak akan berhasil, bahkan kita tidak akan melihat hasil sama sekali.

Sumber: nova.grid.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1602224148201

Dengan kesuksesan besar Amazon hari ini, sulit membayangkan bahwa sang pendiri, Jeff Bezos memulainya pada tahun 1994 sebagai penjual buku online di garasi kecil di luar rumah.

Sekarang, hampir tidak ada yang tidak dapat Anda beli di Amazon. Meski begitu timbul pertanyaan bagaimana Amazon menjadi toko segalanya alias serba ada?


Pada tahun 1997, setelah Amazon membuat langkah besar dalam menjual CD dan DVD, Bezos ingin melihat bagaimana lagi dia dapat memperluas etalase online-nya.

"Saya mengirim email kepada 1.000 pelanggan yang dipilih secara acak dan bertanya kepada mereka, 'Selain barang-barang yang kami jual hari ini, apa yang Anda ingin lihat untuk kami jual? Semua tanggapannya cukup panjang, tetapi cara mereka menjawab pertanyaan adalah apa pun yang mereka cari saat itu," kata Bezos dalam wawancara tahun 2018 di Economic Club of Washington.

Setelah itu, Bezos berpikir bahwa dia bisa menjual apapun dengan cara ini. Akhirnya dia pun meluncurkan beberapa perlengkapan lainnya seperti elektronik, mainan dan banyak kategori lainnya dari waktu ke waktu.

Berikan apa yang mereka inginkan

Pada awal 2000-an, Amazon bergerak jauh melampaui buku, video, dan musik - menawarkan pakaian, elektronik, mainan, peralatan dapur, dan bahkan langganan majalah.

Dalam suratnya pada tahun 1999 kepada pemegang saham, Bezos membagikan visinya untuk menggunakan platform Amazon untuk membangun perusahaan paling berpusat pada pelanggan di dunia, tempat di mana pelanggan dapat datang untuk mencari dan menemukan apa saja dan semua yang mungkin ingin mereka beli secara online.

"Kami akan mendengarkan pelanggan, menciptakan atas nama mereka, dan mempersonalisasi toko untuk mereka masing-masing, sambil bekerja keras untuk terus mendapatkan kepercayaan mereka," tulisnya.

Lantas apa yang bisa dipelajari dari Bezos?

Kekayaan Bezos saat ini diperkirakan bernilai $ 185 miliar, menurut Forbes. Meskipun sangat sedikit orang yang akan mencapai kesuksesan serupa, kita semua dapat belajar dari cara berpikirnya.

1. Ide paling sederhana patut dicoba

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang inovasi adalah bahwa ide yang layak diuji harus selalu rumit atau terdengar gila bagi orang kebanyakan orang. 
Tapi, seperti yang ditunjukkan Bezos, Anda dapat mengambil ide sederhana (yaitu, toko yang menjual lebih dari sekadar buku) dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih besar.

2. Bersiap bahwa Anda bisa gagal

"Saya telah membuat miliaran dolar dari kegagalan. Salah satu pekerjaan saya adalah mendorong orang untuk menjadi berani. Ini sangat sulit. Eksperimen, pada dasarnya, cenderung gagal," kata Bezos pada konferensi IGNITION pada tahun 2014.

Namun, mereka yang tidak menerima kegagalan, kata Bezos, pada akhirnya akan berada dalam posisi putus asa di mana satu-satunya hal yang dapat mereka lakukan adalah bertaruh di akhir dan menyerah.

3. Bicaralah dengan orang-orang di luar lingkaran Anda

Meskipun kita semua hampir sama, kita semua memiliki kebutuhan yang berbeda. Dan mendengarkan kebutuhan tersebut (apakah Anda seorang pengusaha atau anggota tim yang mencoba memikirkan ide untuk perusahaan Anda) dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas dan lebih cepat.

Untuk mengetahui bagaimana Amazon harus berkembang, Bezos tidak melihat dirinya sendiri atau karyawannya. Dia bertanya kepada pelanggan secara langsung, yang membantunya membangun bisnisnya.

4. Lakukan dengan perlahan

Tidak ada yang menjadi kaya dalam semalam. Amazon membutuhkan 26 tahun untuk sampai ke posisi sekarang dan terus menentang gravitasi melalui peningkatan, eksperimen, dan inovasi yang konstan.

"Pada dasarnya, Anda tidak bisa melewati beberapa langkah. Anda harus meletakkan satu kaki di depan yang lain. Hal-hal membutuhkan waktu. Tidak ada jalan pintas," papar dia.

Sumber: cnbcindonesia.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200929 193713Ilustrasi Wisuda

Dulu, aku pernah iri pada seorang teman yang cantik. Setiap kali berjalan dengannya, semua orang memandangny.a. Belasan tahun kemudian aku bertemu lagi, hampir aku tak mengenalnya. Wajahnya berjerawat, badannya 2x lebih besar dari aku. Kulitnya menghitam. Ia sakit.⁣⁣
.
Dulu, aku pernah iri pada tetanggaku, rumahnya besar, mobilnya bagus. Kalo bertemu, perhiasan di tangan & lehernya bersinar. Tak lama setelah aku pindah, aku melihatnya di TV, ia meninggal karena dibunuh seseorang, karena utang ratusan juta yang tak kunjung ia bayar.⁣⁣

Dulu, aku pernah iri pada temanku, ia selalu cerita pacarnya tampan, anak orang kaya, kuliah di luar negeri. Kemudian aku tau, ia dibawa lari pacarnya, lalu hamil di luar nikah, dan sekarang ia ditinggalkan. Mereka bercerai.⁣⁣

Dulu, aku iri pada teman senamku. Ia mau kuliah S3 di negara tetangga. Pulang ke Indonesia sebulan sekali. Aku marah pada suamiku yang tak mengizinkanku kuliah lagi. Belakangan, aku sering baca status medsos suaminya. Lalu aku tau, mereka bercerai, karena temanku lebih memilih pria lain di negara tempatnya kuliah. Keluarganya berantakan.⁣⁣

Dulu, aku iri pada sahabatku. Ia selalu masuk sekolah favorit. Kuliah di universitas terkenal. Lulus PNS dengan mudah. Tapi bulan kemarin ia menghubungiku. Mau pinjam uang. Gajinya tak cukup untuk membayar semua cicilan barang²nya.⁣⁣

Dulu, aku iri pada teman sekolahku. Ia selalu rangking 1. Guru2 menyukainya. Lalu kuliah di universitas terkenal. Kerja di perusahaan besar. Teman2 memujinya. Tapi kemarin ia menyapaku d WA. Minta pekerjaan. Ia baru saja di PHK. Perusahaan tempatny bekerja baru saja bangkrut.⁣⁣

Hidup itu sawang sinawang. Apa yang kita lihat indah, belum tentu seindah aslinya. Apa yang dulu kamu sesali, bisa jadi sekarang kamu syukuri. Ketka dulu nangis2 karna tak bisa seperti org lain, sekarang bilang alhamdulillah telah menjadi dirimu sendiri. Kunci nikmati hidup adalah bersyukur. Apa yang kamu lihat di orang lain belum tentu seperti apa yang kamu kira. Setiap orang diuji dengan cara yang berbeda.⁣⁣

Mungkin ada yang iri melihat saya nampak hidup enak. Padahal aslinya, saya juga ngalamin masukin air ke botol sampo pas habis.⁣⁣
⁣.
.
Penulis: Dinifitriyah⁣⁣
Foto: indahkusuma

Follow Cinta Pendidikan

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=173476371019548&id=111451933888659

0
0
0
s2sdefault

Subcategories